PEMODELAN BAWAH PERMUKAAN MENGGUNAKAN INVERSI HVSR PADA DATA MIKROTREMOR DARI AKSELEROMETER BERBASIS ARDUINO DI LAPANGAN PANASBUMI WAY RATAI

ACEP SIHABUDIN, 1715051022 (2021) PEMODELAN BAWAH PERMUKAAN MENGGUNAKAN INVERSI HVSR PADA DATA MIKROTREMOR DARI AKSELEROMETER BERBASIS ARDUINO DI LAPANGAN PANASBUMI WAY RATAI. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Acep Sihabudin_1715051022_Abstrak - acep sihabudin.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] File PDF
Acep Sihabudin _1715051022_Full - acep sihabudin.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
Acep Sihabudin_1715051022_Tanpa Pembahasan - acep sihabudin.pdf

Download (3407Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Panasbumi Way Ratai merupakan salah satu potensi panasbumi yang belum dieksplorasi secara terpadu. Pada tahapan tahapan eksplorasi panasbumi metode seismik pasif mampu digunakan untuk memaksimalkan hasil yang diperoleh, salah satunya adalah mikrotremor. Data mikrotremor bisa didapatkan dari pengaplikasian akselerometer berbasis Arduino guna memetakan nilai frekuensi dominan serta melakukan pemodelan inversi 3D dari kurva HVSR untuk melihat variasi nilai kecepatan gelombang geser. Metode HVSR memperlihatkan hubungan bawah permukaan tanah dengan perbandingan rasio spektrum Fourier dari sinyal mikrotremor komponen horizontal terhadap vertikal yang menghasilkan nilai frekuensi dominan dan faktor amplifikasi. Dari parameter kurva HVSR dilakukan pemodelan 3D dengan proses inversi HVSR yang menggunakan prinsip metode Monte Carlo. Nilai frekuensi dominan yang didapatkan dari pengolahan mikrotremor berkisar 0.60 Hz - 3.68 Hz. Dan untuk hasil inversi HVSR didapatkan persebaran nilai kecepatan gelombang geser dalam bentuk model 3D dengan didominasi oleh nilai yang kurang dari 350 m/s. Sebaran nilai frekuensi dominan pada lapangan panasbumi Way Ratai didominasi oleh klasifikasi jenis IV tipe I dan tipe II. Untuk Sebaran kecepatan gelombang geser dari penampang 3D yang didominasi lapisan tanah sedang mulai dari kedalaman 0-30 meter. Kata kunci: mikrotremor, HVSR, frekuensi dominan, inversi HVSR, model 3D , kecepatan gelombang geser.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Geofisika
Pengguna Deposit: AM.d Firlia Hidayah
Date Deposited: 10 Jan 2023 08:06
Terakhir diubah: 10 Jan 2023 08:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68152

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir