PENGEMBANGAN LKPD MENULIS TEKS CERITA FANTASI BERBASIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII

Kesuma Ariyanti, 1823041015 (2021) PENGEMBANGAN LKPD MENULIS TEKS CERITA FANTASI BERBASIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_KESUMA ARIYANTI_1823041015 - Kesuma Ariyanti.pdf

Download (2845Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL TESIS TANPA LAMPIRAN_KESUMA ARIYANTI_1823041015 - Kesuma Ariyanti.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
FULL THESIS TANPA PEMBAHASAN_KESUMA ARIYANTI_1823041015 - Kesuma Ariyanti.pdf

Download (3235Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk LKPD menulis teks cerita imajinasi untuk peserta didik kelas VII. Produk yang dikembangkan memberikan materi belajar yang menarik, memberikan prosedur belajar yang mudah, dan memberikan kesempatan kepada peserta didik mengalami pembelajaran yang bermakna berbasis penguatan pendidikan karakter. yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan mengadaptasi prosedur penelitian dan pengembangan Borg dan Gall dengan tahapan (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) implementasi. Penelitian dilakukan di SMP IT Ar Raihan Bandarlampung, SMP AL Kautsar Bandarlampung, dan SMP Negeri 22 Bandarlampung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan angket. PENGEMBANGAN LKPD MENULIS TEKS CERITA FANTASI BERBASIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII iii Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) LKPD menulis teks cerita imajinasi berbasis penguatan pendidikan karakter untuk peserta didik kelas VII berhasil dikembangkan. LKPD telah divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi. Nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam produk LKPD adalah nilai religius, nasionalis, gotong royong, mandiri, dan integritas; (2) LKPD menulis teks cerita imajinasi berbasis penguatan pendidikan karakter yang dikembangkan dinyatakan sangat layak oleh ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi dengan skor akhir 89,75; (3) berdasarkan perbandingan pretest, posttest, dan N-gain dari penggunaan LKPD menulis teks cerita imajinasi berbasis penguatan pendidikan karakter yang dikembangkan mendapatkan nilai 0,36 dalam kategori sedang sehingga efektif digunakan dalam pembelajaran. Keywords: Bahan Ajar; LKPD; Teks Cerita Imajinasi; Penguatan Pendidikan Karakter This study aims to produce student worksheets (LKPD) of writing fantasy short stories based on character education reinforcement for seventh-grade students. The product explicitly developed aims to provide exciting teaching materials, provide learning procedures that make it easier for students and provide a learning experience based on character education reinforcement. This study is a research and development. The development model adapts Borg and Gall's R&D procedures (1) potential and problems, (2) data collection, (3) product design, (4) design validation, (5) design revision, (6) product trial, (7) product revision, (8) usage trial, (9) product revision, and (10) implementation. The research was conducted at SMP IT Ar Raihan Bandarlampung, SMP AL Kautsar Bandarlampung, and SMP Negeri 22 Bandarlampung. Interviews and questionnaires carried out data collection techniques. v The results showed that (1) The material teaches developed of the LKPD type in the material for writing fantasy short stories. The addition of the basis for character education reinforcement is intended to instill, familiarize, and equip students to become ready to face the demands of the development of science in the future. The character values developed in the LKPD are religious, nationalist, independent, cooperative, and integrity values. (2) The student worksheets (LKPD) criteria of writing fantasy short stories based on character education reinforcement have excellent feasibility in design, graphics, language, and content. These criteria based on the assessment material expert scored 90.5, assessment media expert with a score of 94.25, and the assessment of practitioner with a score of 84.5. (3) The test of the effectiveness of the student worksheets (LKPD) writing fantasy short stories based character education reinforcement for seventh-grade shows the average yield of N-gain of 0.36 in the medium category, so this product is declared effective use in the learning process. Keywords: Student Worksheets; LKPD; Fantasy Short Story; Character Education Reinforcement.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: AM.d Firlia Hidayah
Date Deposited: 10 Jan 2023 08:28
Terakhir diubah: 10 Jan 2023 08:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68200

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir