MODEL MANAJEMEN TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DI TAMAN KANAK-KANAK

Nanik Lestari, 1923012004 (2021) MODEL MANAJEMEN TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DI TAMAN KANAK-KANAK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ALLIF Printing.pdf

Download (6Mb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL - ALLIF Printing.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1956Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - ALLIF Printing.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan model manajemen terintegrasi pendidikan karakter di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Qurrota A’yun Rajabasa Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan dimulai dengan koordinasi stakeholder, dan memiliki tahapan yaitu observasi, rapat koordinasi, penyusunan program kerja, penyusunan pelaksanaan program, dan penyusunan pengawasan program. Keterlibatan kepala sekolah, guru, orang tua dan masyarakat yakni ikut berpartisipasi pada kegiatan rapat untuk merencanakan, menetapkan, mengembangkan, menyampaikan masukan, saran, usul dan pendapat; (2) Pengorganisasian dilakukan dengan kepala sekolah sebagai pembuat surat keputusan, membentuk dan membagikan tugas panitia, membuat deskripsi tugas pelaksanaan, mendistribusikan pekerjaan kepada stakeholder; guru membantu kepala sekolah dalam merancang, mengawasi dan membantu berjalanya program; komite sekolah memberikan masukan dalam merumuskan dan menetapkan pedoman tentang struktur organisasi sekolah, melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap kebijakan program; (3) Pelaksanaan dilakukan dengan tiga tahapan kegiatan yaitu mengadakan komunikasi, memotivasi dan memperbaiki pengetahuan stakeholder dan peserta didik, adapun dalam implementasinya diintegrasikan melalui pembelajaran dan kurikuler; (4) Pengawasan dilakukan secara langsung melalui kegiatan supervisi, pemantauan dan pengontrolan untuk mengetahui peserta didik sudah memiliki pendidikan karakter sesuai dengan tujuan sekolah. Kata Kunci: model, manajemen terintegrasi pendidikan karakter, TK IT The purpose of this research is to describe the planning, organizing, implementation, and supervision of the integrated management model of character education in Qurrota A'yun Rajabasa Integrated Islamic Kindergarten Bandar Lampung. This study uses qualitative approach with case study type. Data collection techniques using interviews, observations, and document studies. Data analysis techniques are carried out by means of data reduction, data presentation, conclusion drawing and data verification. The results show that: (1) Planning begins with stakeholder coordination, and has stages, namely observation, coordination meetings, preparation of work programs, preparation of program implementation, and preparation of program supervision. The involvement of principals, teachers, parents and the community is to participate in meeting activities to plan, establish, develop, convey inputs, suggestions, suggestions and opinions; (2) Organizing is carried out with the principal as the maker of decree, forming and distributing committee tasks, creating descriptions of implementation tasks, distributing work to stakeholders; teachers assist the principal in designing, supervising and assisting the program; the school committee provides input in formulating and setting guidelines on the organizational structure of the school, conducting evaluation and supervision of program policies; (3) The implementation shall be carried out with three stages of activities, namely conducting communication, motivating and improving the knowledge of stakeholders and students, while in its implementation it is integrated through learning and curricular; (4) Supervision shall be conducted directly through supervision, monitoring and control activities to know that students already have character education in accordance with the school's objectives. Keywords: model, integrated management of character education, TK IT.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Administrasi Pendidikan
Pengguna Deposit: Firlia Hidayah
Date Deposited: 11 Jan 2023 03:37
Terakhir diubah: 11 Jan 2023 03:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68218

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir