PENGEMBANGAN LKPD DENGAN PICTORIAL RIDDLE DALAM PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING BERBASIS TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

M. Agung Dharma, Himawan (2022) PENGEMBANGAN LKPD DENGAN PICTORIAL RIDDLE DALAM PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING BERBASIS TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (265Kb) | Preview
[img] File PDF
2. FILE TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2378Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. FILE TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2380Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) ini dilakukan untuk mengembangkan LKPD yang diprediksi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Batu Ketulis tahun pelajaran 2022/2023 yang dipilih dengan pertimbangan khusus. Hasil penelitian ini berupa produk LKPD dengan pictorial riddle dalam pembelajaran inquiry terbimbing berbasis tutor sebaya yang telah dinyatakan: 1) valid oleh ahli ditunjukkan dengan nilai kelayakan isi sebesar 86,4%, nilai kelayakan penyajian sebesar 78,5%, nilai kelayakan bahasa sebesar 86,1%, dan nilai kelayakan instrumen soal sebesar 95%, untuk soal nomor 1, 82,5%, untuk soal nomor 2, dan 97,5%, untuk soal nomor 3. 2) Praktis setelah diujicobakan mendapat rata-rata skor 4,21 atau persentase 80,27 sehingga termasuk dalam kategori tinggi dan dinyatakan layak. 3) efektif setelah diuji menggunakan uji beda dan diperoleh hasil yaitu rata-rata peningkatan hasil belajar kelas 8A sebagai kelas eksperimen lebih besar dibandingkan peningkatan hasil belajar kelas 8B sebagai kelas kontrol. Kata kunci: kemampuan berpikir kreatif, LKPD, pictorial riddle, model inquiry terbimbing, dan tutor sebaya.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301630574 . Digilib
Date Deposited: 12 Jan 2023 06:40
Terakhir diubah: 12 Jan 2023 06:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68272

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir