PENGELOLAAN WISATA AIR TERJUN ANGLO OLEH BADAN USAHA MILIK DESA (Studi Pada BUMDes Tunas Jaya Desa Gunungrejo, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran)

DWITHA LESTARI, AGUNG (2022) PENGELOLAAN WISATA AIR TERJUN ANGLO OLEH BADAN USAHA MILIK DESA (Studi Pada BUMDes Tunas Jaya Desa Gunungrejo, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (188Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3782Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

BUMDes didirikan dalam upaya meningkatkan keuangan desa dan masyarakat sekaligus pemberdayaan masyarakat yaitu dengan cara mengelola usaha dan potensi desa. Pengelolaan wisata merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan kerena dengan pengelolaan yang baik maka pariwisata akan berjalan berkelanjutan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh potensi pariwisata di Kecamatan Way Ratai dan beberapa permasalahan Wisata Air Terjun Anglo diantaranya: jumlah pengunjung yang menurun, sarana yang kurang terawat, kebersihan lokasi wisata Air Terjun Anglo, minimnya keikutsertaan masyarakat dalam memanfaatkan fasilitas dagang yang disediakan. Agar wisata dapat berjalan dengan baik sehingga dapat memberikan dapak positif bagi desa dan masyarakat setempat maka diperlukan suatu pengelolaan pariwisata yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan wisata Air Terjun Anglo oleh BUMDes Tunas Jaya. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori dari Andi Mappi Sameng yaitu terdapat beberapa unsur yang penting dalam pengelolaan pariwisata: pengembangan, kelembagaan, dan pengaturan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada indikator pengembangan dalam sub-indikator perencanaan dan pelaksanaan masih kurang karena tidak memuat secara rinci pentahapan program dan pertimbangan tentang aspek resiko, pada indikator kelembagaan sudah memiliki sistem pengelolaan yang terstruktur serta koordinasi yang baik antara stakeholder yang terlibat, pada indikator pengaturan sudah memiliki regulasi dan aturan yang berlaku di lokasi wisata namun tidak memiliki intrumen sanksi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa dalam pengelolaan Wisata Air Terjun Anglo sudah cukup baik namun belum bisa dikatakan optimal hal ini dapat di pahami melalui berbagai indikator yang terpenuhi. Kata kunci: Pengelolaan pariwisata, Air Terjun Anglo, Badan Usaha Milik Desa

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Pemerintahan
Pengguna Deposit: 2301715755 . Digilib
Date Deposited: 13 Jan 2023 09:38
Terakhir diubah: 13 Jan 2023 09:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68307

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir