PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SLIDES DALAM PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

RENI, ASTARI HIDAYAT (2022) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SLIDES DALAM PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (67Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE THESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1680Kb)
[img]
Preview
File PDF
FILE THESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1683Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media interaktif berbasis Google Slides dalam Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian pada tahapan implementasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 45 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022-2023. Data penelitian diperoleh dari wawancara, pemberian angket, dan tes kemampuan berpikir kritis kepada siswa kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif yang dikembangkan valid berdasarkan validasi ahli dengan rata-rata nilai 93%, praktis berdasarkan penilaian guru dan siswa dengan nilai 91% dan 82%. Selain itu, berdasarkan uji-t diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rerata peningkatan hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan media interaktif berbasis Google Slides dalam PBL dan kelas kontrol yang tidak menggunakan media interaktif berbasis Google Slides dalam PBL. Oleh karenanya dapat disimpulkan bahwa media interaktif berbasis Google Slides yang dikembangkan valid, praktis serta efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Media interaktif berbasis Google Slides, PBL, berpikir kritis The aims of this research is to develop Google Slides based interactive media in Problem Based Learning (PBL) to improve students' critical thinking skills. This research uses development model of ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The research subjects for the implementation are grade VIII students of SMP Negeri 45 Bandar Lampung in 2022-2023 academic year. The data of the research was obtained through interview, questionnaire, and critical thinking ability test to students of VIII.1 class as an experimental class and VIII.2 class as a control class. The data analysis technique used are descriptive statistic and t-test. The results show that the development interactive media are valid based on validator with an average percentage 93%, practical based on teacher and students assessment with percentage 91% and 82%. Moreover, from the t-test is gotten that there was a significant difference between the average value of the increase in learning outcomes of the experiment class that used Google Slides based interactive media in PBL and the control class that did not use Google Slides based interactive media in PBL. Therefore, it can be concluded that development Google Slide interactive media is valid, practical, and effective for improving students' critical thinking skills. Keywords: Google Slides based interactive media, PBL, critical thinking

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301861017 . Digilib
Date Deposited: 16 Jan 2023 05:31
Terakhir diubah: 16 Jan 2023 05:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68313

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir