PENYELIDIKAN LAPISAN BAWAH PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE GROUND PENETRATING RADAR (GPR) UNTUK PEMBANGUNAN PLTMG BALOI KOTA BATAM

sebrina putri, ramadhani (2022) PENYELIDIKAN LAPISAN BAWAH PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE GROUND PENETRATING RADAR (GPR) UNTUK PEMBANGUNAN PLTMG BALOI KOTA BATAM. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi_Full_ Sebrina Putri Ramadhani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (12Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi_Tanpa Pembahasan_Sebrina Putri Ramadhani.pdf

Download (12Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Metode Ground Penetrating Radar (GPR) dimanfaatkan dalam mengidentifikasi lapisan tanah pada area rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Baloi, Kota Batam. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta mengestimasi kedalaman dan ketebalan lapisan bawah permukaan. Data yang digunakan terdiri dari 9 lintasan dengan panjang lintasan beragam dari 51.71 – 24 meter. Pengolahan data meliputi beberapa tahapan, yaitu static correction, subtract mean (dewow), gain, background removal, bandpass frequency, FK-filter, time depth conversion dan generate 3D Model . Pengolahan data tersebut didapatkan penampang 2D dan model 3D yang mewakili hasil dari respon gelombang elektromagnetik yang melewati kontak batas antar perlapisan atau material yang dilewatinya. Berdasarkan analisa dan interpretasi radargram diperkirakan terdiri dari lantai bangunan pada kedalaman 0-0.2 meter. Lapisan concrete pada kedalaman 0.2- 2.2 meter, lapisan ini dapat diindikasikan sebagai letak dari pile cap yang telah tertanam dari bangunan sebelumnya. Kemudian lapisan batupasir berada pada kedalaman 2.2- ± 26 meter. Lapisan berupa lapisan tuf dasitan dan tuf litik feldspatik yang memperlihatkan struktur laminasi sejajar dengan silang-siur pada kedalaman bervariasi antara 5-34 meter.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Geofisika
Pengguna Deposit: 2301921823 . Digilib
Date Deposited: 18 Jan 2023 08:31
Terakhir diubah: 18 Jan 2023 08:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68363

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir