STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK KERUPUK IKAN GABUS (CHANNA STRIATA) (Studi Kasus UMKM Diana Di Desa Meranjat Kabupaten Ogan Ilir)

Rinda Nada Kurnia, 1714231025 (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK KERUPUK IKAN GABUS (CHANNA STRIATA) (Studi Kasus UMKM Diana Di Desa Meranjat Kabupaten Ogan Ilir). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1370Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (901Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Salah satu upaya untuk melakukan penganekaragaman pangan adalah dengan cara diversifikasi, terutama dalam mengembangkan produk kerupuk berbahan dasar ikan gabus, karena ikan gabus memiliki protein yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam pengembangan produk kerupuk ikan gabus di UMKM Diana 2) menentukan strategi pengembangan produk kerupuk ikan gabus di UMKM Diana. Metode analisis yang digunakan dalam analisis SWOT. Tahapan analisis SWOT 1) identifikasi faktor internal dan eksternal; 2) penentuan matriks IFE dan EFE; 3) penentuan matriks posisi; dan 4) diagram matriks SWOT. Hasil dari penelitian adalah kekuatan terbesar yaitu rasa dan kualitas yang baik sedangkan kelemahan terbesar yaitu jenis produk olahan dari ikan gabus belum dikembangkan. Peluang utamanya yaitu potensi pasar produk ikan gabus yang luas sedangkan ancaman terbesar adalah perubahan selera konsumen berpengaruh terhadap pembelian produk. Berdasarkan hasil penelitian menurut penjual dan pembeli menunjukkan bahwa alternatif strategi pengembangan yang tepat adalah strategi S-O (kekuatan) – (Peluang). Strategi ini menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada diantaranya: 1) Potensi ketersediaan bahan baku ikan gabus yang mudah didapatkan; 2) sarana dan prasarana yang baik dapat mempengaruhi kualitas produk; 3) lokasi yang strategis dan media promosi yang berkembang. Selanjutnya, strategi S-T (kekuatan) – (ancaman), strategi S-T terbaik diantaranya: 1) produk kerupuk berbahan dasar ikan gabus yang sudah memiliki rasa serta kualitas yang baik; 2) dapat meningkatkan ketertarikan konsumen (brand awarenesss) terhadap produk tersebut; dan 3) dapat bersaing dengan kompetitor produk yang sejenis. Kata Kunci : Analisis SWOT, UMKM Diana, Strategi pengembangan produk kerupuk ikan gabus.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Teknologi Hasil Pertanian
Pengguna Deposit: 2301672015 . Digilib
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:28
Terakhir diubah: 19 Jan 2023 06:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68380

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir