STRATEGI GASTRODIPLOMASI THAILAND MELALUI PROGRAM “KITCHEN OF THE WORLD” DI INDONESIA

Irvan Yama Pradipta, 1816071006 (2022) STRATEGI GASTRODIPLOMASI THAILAND MELALUI PROGRAM “KITCHEN OF THE WORLD” DI INDONESIA. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2564Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1297Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Thailand merupakan negara pertama secara sistematis melakukan gastrodiplomasi di dunia tahun 2002. Melalui program “Thailand Kitchen of the World”, alasan pemerintah Thailand melaksanakan program tersebut ialah untuk menjadi salah satu eksportir sektor agrikultur terbesar di dunia, serta mengubah citra buruk negara Thailand sebagai negara “sex tourism”. Pelaksanaan gastrodiplomasi Thailand dalam mencapai target dilakukan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi-strategi gastrodiplomasi yang dilakukan Thailand di Indonesia, serta menganalisis implikasi yang didapat Indonesia melalui program gastrodiplomasi Thailand. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini ialah gastrodiplomasi dan nation branding. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data secara primer dan sekuder. Data primer didapatkan melalui wawancara berbagai pihak, dan data sekunder melalui studi literatur berupa situs yang menunjang penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program gastrodiplomasi Thailand di Indonesia berjalan baik. (1) Strategi Thai Select belum memberikan dampak besar terhadap gastrodiplomasi Thailand di Indonesia karena baru memberikan sertifikasi sebesar 10% dari total keseluruhan restoran. (2) Strategi pemasaran produk yang merupakan inisiatif individu lebih berpengaruh dibandingkan pemasaran produk di restoran Thai Select. (3) Strategi penyelenggaraan event ialah strategi yang paling dominan yang mampu menarik 20.000 pengunjung. (4) Jalur budaya dan warisan budaya mendukung kekayaan aset Thailand dalam promosi gastrodiplomasi untuk nation branding. (5) Jalur peran masyarakat Thailand yang memiliki karakter memberikan pengaruh besar terhadap pengalaman baik wisatawan yang mendukung nation branding. (6) Indonesia mendapatkan manfaat besar melalui gastrodiplomasi Thailand baik dari sisi pemerintah (supplier dan restrukturisasi), maupun pelaku bisnis (lapangan pekerjaan, dan pendapatan nasional). Kata Kunci: gastrodiplomasi, Thailand kitchen of the world, Indonesia.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi S1-Hubungan Internasional
Pengguna Deposit: 2301965257 . Digilib
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:33
Terakhir diubah: 19 Jan 2023 06:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68382

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir