PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 2 KARANGANYAR

META , YULIYANA (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 2 KARANGANYAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (1780Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

LKPD menjadi syarat dalam implementasi pembelajaran abad 21, LKPD berbasis PjBL merupakan alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan efektivitas LKPD berbasis PjBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D), pengembangan dilakukan mengacu pada teori Borg & Gall. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Gugus Teuku Umar, Kec. Jatiagung, Kab. Lampung Selatan, Lampung. Subjek dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh sebanyak 20 peserta didik. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang valid dan reliabel. Teknik analisis data kevalidan menunjukkan LKPD berbasis PjBL sangat valid untuk digunakan. Teknik analisis data efektifitas menggunakan N-Gain dengan hasil perhitungan 0,56 dengan signifikansi 0,00<0,05. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis PjBL yang dikembangkan valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Keywords: Berpikir Kritis, LKPD, Model Pembelajaran Berbasis Proyek . abstract Critical thingking is a requirement in implementing 21st century learning, worksheet based on the PjBL are an alternative to increasing students' critical thingking skill of student . This study aims to determine the validity and effectiveness of worksheet based on the PjBL to increase students' critical thingking skill. This research is a Research and Development (R&D) type of research, the development is carried out referring to the theory of Borg & Gall. The population of this research is the fourth grade students of SD Gugus Tueku Umar, Kec. Karanganyar, Lampung. Subjects in this study were determined using purposive sampling technique obtained as many as 20 students. The data collection tool uses a valid and reliable test instrument. The validity data analysis technique shows that worksheet based on the PjBL are very valid to be used. Effectiveness data analysis technique uses N-Gain with calculation results of 0.56 with a significance of 0.00 <0.05. Based on this research, it can be concluded that the worksheet based on the PjBL developed are valid and effective for improving the critical thinking skills of elementary school students. Keywords: Critical Thinking, Project Based Learning, Worksheet.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2301001229 . Digilib
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:10
Terakhir diubah: 26 Jan 2023 03:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68477

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir