Efektivitas Penerapan Pendekatan Matematika Realistik dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 33 Bandar Lampung)

Berlian , Virera Sari Sinaga (2022) Efektivitas Penerapan Pendekatan Matematika Realistik dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 33 Bandar Lampung). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (155Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3178Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3120Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan pendekatan matematika realistik dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 33 Bandar Lampung semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 yang terdistribusi dalam enam kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII D yang masing-masing terdiri dari 30 siswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes bentuk uraian materi Pola Bilangan. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa rata-rata kemampuan representasi matematis siswa yang menerapkan pendekatan matematika realistik lebih tinggi dari rata-rata kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti kegiatan menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil uji proporsi diperoleh bahwa persentase siswa yang memiliki kemampuan representasi matematis terkategori baik pada kelas yang menerapkan pendekatan matematika realistik lebih dari 60% dari jumlah siswa. Dengan demikian, penerapan pendekatan matematika realistik efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301726889 . Digilib
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:56
Terakhir diubah: 26 Jan 2023 03:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68488

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir