PEMBERIAN SALEP VASELINE DENGAN EKSTRAK DAUN BUNGUR (Lagerstroemia speciosa L.)YANG BERBEDA KONSENTRASI TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA SAYAT PADA KULIT MENCIT (Mus musculus L.)

CHYNTIA , BELLA LAURETA (2023) PEMBERIAN SALEP VASELINE DENGAN EKSTRAK DAUN BUNGUR (Lagerstroemia speciosa L.)YANG BERBEDA KONSENTRASI TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA SAYAT PADA KULIT MENCIT (Mus musculus L.). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (2215Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2525Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2526Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kulit menjadi perlindungan utama bagi tubuh, jika kulit mengalami gangguan atau cedera akan berpengaruh terhadap integritas kulit. Luka dapat membuat rusak atau hilangnya sebagian jaringan pada tubuh. Salah satu bentuk luka yaitu luka sayat. Alternatif untuk penyembuhan luka yaitu dengan memanfaatkan ekstrak dari tanaman obat tradisional. Hingga saat ini, daun bungur (Lagerstroemia speciosa L.) memiliki lebih dari 40 senyawa yang teridentifikasi yaitu triterpenoid, tanin, asam ellagic, flavonoid dan memiliki sifat farmakologis antioksidan, antibakteri, antivirus, antiinflamasi. Pengaplikasian ekstrak daun bungur dikombinasikan dengan pure vaseline sehingga didapat sediaan yang kental dalam bentuk salep. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penyembuhan luka sayat pada kulit mencit (Mus musculus L.) terhadap pemberian salep vaseline dengan ekstrak daun bungur (Lagerstroemia speciosa L.) yang berbeda konsentrasi. Penelitian ini dilakukan 5 perlakuan dan 5 kali pengulangan yang terdiri dari K-, K+ dengan povidone iodine 10% , P1 dengan salep ekstrak daun bungur 15%, P2 dengan salep ekstrak daun bungur 30%, dan P3 dengan salep ekstrak daun bungur 45%. Pengamatan dilakukan selama 14 hari dengan pemberian salep 2 kali dalam sehari (pukul 09.00 dan 16.00 WIB) dan pengamatan secara makroskopis pukul 08.30 WIB berdasarkan parameter; merah bengkak (mb), merah (m), kering terbuka (kt) dan kering menutup (km) dengan sistem skoring. Data penelitian dianalisis dengan uji one way ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Post Hoc. Didapatkan perbedaan yang bermakna secara statistik berdasarkan uji one way ANOVA pada skoring luka dengan nilai p=0,002 (p<0.05). Kesimpulannya salep vasline dengan ekstrak daun bungur dapat menyembuhkan luka sayat pada kulit mencit. Kata kunci: Lagerstroemia speciosa L. , Mus musculus L. , Luka sayat, Salep

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 2301409057 . Digilib
Date Deposited: 26 Jan 2023 07:26
Terakhir diubah: 26 Jan 2023 07:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68496

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir