KUALITAS PERAIRAN DI PANTAI ANCOL GEN, PESAWAHAN, TELUK BETUNG SELATAN, BANDARLAMPUNG BERDASARKAN KOMUNITAS MAKROZOOBENTOS

AYU SUNDARI, WIDYA (2022) KUALITAS PERAIRAN DI PANTAI ANCOL GEN, PESAWAHAN, TELUK BETUNG SELATAN, BANDARLAMPUNG BERDASARKAN KOMUNITAS MAKROZOOBENTOS. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (320Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2290Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1850Kb) | Preview

Abstrak

Pantai Ancol Gen merupakan daerah pesisir yang sudah mengalami banyak perubahan lahan pesisir akibat reklamasi pantai dan kegiatan masyarakat yang ada di Pantai Ancol Gen. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi dan mengkaji komunitas makrozoobentos serta menentukan kualitas perairan di Pantai Ancol Gen. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari─Maret 2022 dengan metode analisis kurva abundance and biomass comparison (ABC) dan principal component analysis (PCA). Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan 27 jenis spesies makrozoobentos dengan 4 kelas berbeda yaitu asteroidea, bivalvia, gastropoda dan malacostraca. Kelimpahan tertinggi yaitu sebesar 1.979,67 ind/m3 dengan kategori keanekaragaman sedang, keseragaman tinggi dan dominansi rendah. Hasil dari analisis kurva ABC menunjukkan kondisi perairan di Pantai Ancol Gen tercemar karena nilai biomassa lebih rendah daripada kelimpahan. Hasil dari analisis PCA menunjukkan bahwa variabel yang paling berpengaruh pada bulan Februari yaitu pH, kecerahan, dominansi, dissolved oxygen (DO), bahan organik total (BOT), dan suhu, sedangkan variabel yang paling berpengaruh pada bulan Maret yaitu kelimpahan, keanekaragaman, keseragaman dan salinitas. Kata kunci: Bahan organik total (BOT), biomassa, dissolved oxygen (DO), keanekaragaman, keseragaman.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 580 Tumbuh-tumbuhan, tanaman, botani, flora
600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi S1-Sumberdaya Akuatik
Pengguna Deposit: 2301051460 . Digilib
Date Deposited: 27 Jan 2023 06:22
Terakhir diubah: 27 Jan 2023 06:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68536

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir