IDENTIFIKASI LINGKUNGAN PENGENDAPAN DAN NILAI Sw UNTUK MENGETAHUI KANDUNGAN FLUIDA PADA ZONA TARGET RESERVOAR BERDASARKAN ANALISIS ELEKTROFACIES MENGGUNAKAN METODE LOG DI CEKUNGAN BINTUNI, PAPUA BARAT

ADE IRMA, ANESTATIA (2023) IDENTIFIKASI LINGKUNGAN PENGENDAPAN DAN NILAI Sw UNTUK MENGETAHUI KANDUNGAN FLUIDA PADA ZONA TARGET RESERVOAR BERDASARKAN ANALISIS ELEKTROFACIES MENGGUNAKAN METODE LOG DI CEKUNGAN BINTUNI, PAPUA BARAT. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (132Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3655Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2457Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Cekungan Bintuni merupakan salah satu Cekungan Pra tersier–tersier yang berada di Kawasan Timur Indonesia. Terdapat banyak potensi hidrokarbon di Indonesia bagian timur terutama pada daerah kepala burung Papua. Telah dilakukan penelitian menggunakan dua titik sumur yang terdiri dari sumur A-2 dan A-4 di Cekungan Bintuni, Papua Barat menggunakan metode well logging untuk memberikan dugaan potensi hidrokarbon di bawah permukaan. Selanjutnya, dilakukan identifikasi lingkungan pengendapan reservoir dengan analisis elektrofasies serta perhitungan parameter petrofisika. Lingkungan pengendapan merupakan tempat dimana suatu lapisan litologi mengalami proses pembentukan batuan atau proses sedimentasi. Dihasilkan bahwa dari penelitian ini, berdasarkan analisis elektrofasies menunjukkan zona target reservoar berada memiliki pola elektrofasies berupa cylindrical dan serrated dengan lingkungan pengendapan shallow water dan Storm dominated shelf and distal deep-marine slope. Sedangkan dari hasil perhitungan parameter petrofisika dihasilkan bahwa pada sumur A-2 didapatkan nilai saturasi air berada pada rentang 26 - 65% dengan kandungan fluida yaitu berupa gas, minyak dan gas, serta minyak. Dan pada sumur A-4 didapatkan nilai saturasi air berada pada rentang 46 - 55% dengan kandungan fluida yaitu berupa gas serta minyak dan gas. Kata kunci: reservoir, elektrofasies, lingkungan pengendapan , saturasi air.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Geofisika
Pengguna Deposit: 2301517762 . Digilib
Date Deposited: 31 Jan 2023 06:53
Terakhir diubah: 31 Jan 2023 06:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68591

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir