ANALISIS FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPATUHAN MINUM OBAT PADA PASIEN DM TIPE 2 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN DENGAN HEALTH BELIEF MODEL

Shaffa, Shabrina (2023) ANALISIS FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPATUHAN MINUM OBAT PADA PASIEN DM TIPE 2 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN DENGAN HEALTH BELIEF MODEL. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (278Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2206Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (3854Kb) | Preview

Abstrak

Latar Belakang: Indonesia menempati urutan ke-6 kematian akibat diabetes di dunia. Pilar pengendalian diabetes salah satunya pengobatan yang berkaitan erat dengan kepatuhan pengobatan. Kepatuhan pengobatan DM di Lampung Selatan masih rendah yaitu dengan urutan ke-11. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap kepatuhan minum obat pada pasien dengan DM tipe-2 di wilayah kerja Puskesmas Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan berdasarkan HBM. Metode: Penelitian ini dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan pada bulan Juni sampai Desember 2022. Desain penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional menggunakan teknik consecutive sampling. Kuesioner digunakan sebagai alat ukur pada 180 responden. Analisis data univariat dilakukan dengan pendeskripsian, data bivariat dengan uji chi square, dan multivariat dengan uji regresi logistik. Hasil: Hasil uji chi square, variabel yang berhubungan: keparahan (p=0,002); manfaat (p=0,019); hambatan (p=<0,001); kepercayaan diri (p=<0,001) dan yang tidak berhubungan: kerentanan (p=0,056). Uji regresi logistik didapatkan hasil yaitu hambatan (OR: 20,1; CI: 7,4 – 54,9) menjadi faktor paling berpengaruh. Simpulan: Semua variabel berhubungan dengan kepatuhan minum obat DM tipe 2 kecuali kerentanan yang dirasakan. Faktor dominan yang berpengaruh terhadap kepatuhan minum obat pada pasien DM tipe 2 yaitu hambatan yang dirasakan. Saran bagi puskesmas dapat lebih interaktif mengajak masyarakat usia produktif untuk mengikuti kegitan posbindu agar tercipta perilaku patuh dalam minum obat yang tinggi untuk menghindari komplikasi. Kata kunci: DM tipe 2, Kepatuhan minum obat, HBM.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2301455733 . Digilib
Date Deposited: 01 Feb 2023 06:44
Terakhir diubah: 01 Feb 2023 06:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68631

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir