ANALISIS ONOMATOPE DALAM LAGU ANAK-ANAK BERBAHASA PRANCIS

Felicia, Vanessa (2022) ANALISIS ONOMATOPE DALAM LAGU ANAK-ANAK BERBAHASA PRANCIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (207Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui macam-macam bentuk dan struktur onomatope di dalam lagu anak-anak berbahasa Prancis serta implikasinya di dalam pembelajaran bahasa Prancis. Data-data pada penelitian ini berupa bentuk dan struktur onomatope yang ada pada lagu anak-anak berbahasa Prancis tersebut. Sumber data pada penelitian ini didapatkan dari 11 lagu anakanak berbahasa Prancis yang ada di media sosial YouTube. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode Padan Referensial, sedangkan teknik yang digunakan untuk menganalisis hasil penelitian ini adalah teknik Pilah Unsur Penentu (PUP) dengan teknik lanjutannya adalah teknik Hubung Banding Menyamakan (HBM). Berdasarkan data yang ditemukan pada penelitian ini terdapat 12 data suara binatang (bruits des animaux), 6 data suara yang dihasilkan oleh benda (bruits produits par des objets manufacturés), 4 data suara manusia (bruits du corps humain), dan 2 data suara alam (bruits de la nature). Sedangkan hasil data untuk struktur onomatope ditemukan 15 struktur onomatope monosilabel, 5 struktur onomatope bisilabel dan multisilabel. Adapun implementasi dari hasil penelitian ini adalah untuk SMA kelas X dalam KD 3.8 yaitu mencontohkan lirik lagu berbahasa Prancis (parole d’une chanson) dan untuk pembelajaran bahasa Prancis secara umum. Kata kunci: bahasa Prancis, lagu anak-anak, onomatope, semantik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa Prancis
Pengguna Deposit: 2301721686 . Digilib
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:51
Terakhir diubah: 01 Feb 2023 07:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68632

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir