PENOKOHAN DALAM NOVEL SEGI TIGA KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS XII SEMESTER GENAP

WILDA , NURYA AFOSMA (2022) PENOKOHAN DALAM NOVEL SEGI TIGA KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS XII SEMESTER GENAP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1579Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1369Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode penokohan dalam novel Segi Tiga karya Sapardi Djoko Damono ditinjau dari karakter tokoh dan mengimplikasikan novel Segi Tiga karya Sapardi Djoko Damono ke dalam pembelajaran bahasa indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah tokoh dan penokohan dalam novel Segi Tiga karya Sapardi Djoko Damono. Sumber penelitian ini adalah novel Segi Tiga. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik pembacaan berulang kali pada novel dan menandai bagian-bagian yang sesuai dengan masalah utama. Pengecekan keabsahan temuan penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber yaitu dengan mencari informasi data menggunakan lebih dari satu sumber informasi. Hasil penelitian ini adanya kutipan kalimat yang menggambarkan metode penokohan novel Segi Tiga karya Sapardi Djoko Damono. Data tersebut berupa metode penokohan telling dan showing. Data yang paling banyak muncul dalam kutipan novel, yaitu metode telling yang terdapat di bagian tengah dan akhir. Pengarang ingin pembaca dapat meneladani penokohan yang ditunjukkan oleh tokoh dalam cerita dan dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Berdasarkan temuan data tersebut peneliti menyusun metode penokohan dalam bentuk RPP sebagai acuan dan bahan pembelajaran sastra di SMA kelas XII semester II. Silabus dan RPP dapat digunakan untuk mencapai Kompetensi dasar membaca, memahami berbagai hikayat, novel Indonesia atau novel terjemahan. Kata kunci: penokohan, novel, rencana pembelajaran

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2301827632 . Digilib
Date Deposited: 01 Feb 2023 08:31
Terakhir diubah: 01 Feb 2023 08:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68644

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir