NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL SURAT CINTA DARI BIDADARI SURGA KARYA AGUK IRAWAN DAN RANCANGANNYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

GALUH , PUTRI KINASIH (2023) NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL SURAT CINTA DARI BIDADARI SURGA KARYA AGUK IRAWAN DAN RANCANGANNYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1619Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1394Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah nilai-nilai religius dalam novel Surat Cinta dari Bidadari Surga karya Aguk Irawan dan rancangan pembelajarannya di SMA. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai yang terdapat dalam novel Surat Cinta dari Bidadari Surga karya Aguk Irawan dan rancangan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif dengan teknik kepustakaan. Sumber data dalam penelitian ini ialah novel Surat Cinta dari Biadadari Surga karya Aguk Irawan. Data dalam penelitian ini ialah kutipan berupa dialog dan narasi dalam novel yang mengandung nilai-nilai religius. Nilai religius yang terkandung dalam novel Surat Cinta dari Surga karya Aguk Irawan meliputi (1) hubungan manusia dengan Tuhan yang terdiri atas beriman kepada Tuhan, beribadah kepada Tuhan, berdoa dan berdzikir kepada Tuhan, dan bersabar atas cobaan dari Tuhan; (2) hubungan manusia dengan sesama manusia yang terdiri atas membantu tanpa pamrih, meminta maaf dan memaafkan kesalahan orang lain; (3) hubungan manusia dengan dirinya sendiri terdiri atas subindikator introspeksi diri/mawas diri dan mengendalikan diri. Hasil penelitian ini dijadikan rancangan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA pada kompetensi dasar 3.14 Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat pada sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi) dan 4.14 Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi) kelas XII semester genap. Selain itu, nilai religius yang terdapat dalam novel dapat dimanfaatkan sebagai penguatan pendidikan karakter peserta didik dengan menerapkan dan mengajarkan nilai-nilai religius dalam pembelajaran. Kata kunci: nilai religius, novel, rancangan pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 400 Bahasa
400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2301638053 . Digilib
Date Deposited: 01 Feb 2023 08:34
Terakhir diubah: 01 Feb 2023 08:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68645

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir