HUBUNGAN PERAN GENDER DAN KONTRIBUSI EKONOMI PEREMPUAN PEKERJA AGRIBISNIS DENGAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI KECAMATAN SEPUTIH MATARAM

Fuad, Hasyim (2022) HUBUNGAN PERAN GENDER DAN KONTRIBUSI EKONOMI PEREMPUAN PEKERJA AGRIBISNIS DENGAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI KECAMATAN SEPUTIH MATARAM. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (129Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2632Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2449Kb) | Preview

Abstrak

Keluarga merupakan unit paling kecil dalam sebuah masyarakat bahkan negara yang umumnya terdiri dari anak-anak dan orangtua yang berstatus sah sebagai seorang pasangan berdasarkan undang-undang. Keluarga memiliki tugas-tugas dan peran-peran yang dibagi berdasarkan gender. Tugas dan peran dalam keluarga berfungsi untuk tercapainya tujuan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran gender dalam keluarga pekerja agribisnis, kontribusi perempuan pekerja agribisnis dengan pendapatan keluarga, tingkat kesejahteraan keluarga pekerja agribisnis, hubungan antara peran gender dengan kesejahteraan keluarga pekerja agribisnis, hubungan antara kontribusi ekonomi perempuan dengan kesejahteraan keluarga pekerja agribisnis, serta hubungan antara peran gender dengan dengan kontribusi ekonomi perempuan pekerja agribisnis. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan sampel berjumlah 85 keluarga dual-earner yang diambil secara acak dari populasi yang berjumlah 109. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan dengan uji statistik fisher exact. Hasil penelitian menunjukkan peran gender wilayah domestik lebih banyak dikerjakan oleh istri dan wilayah publik/domestik dikerjakan oleh istri dan suami secara bersama-sama. Lebih dari 50 persen pendapatan total keluarga merupakan hasil dari pendapatan istri (96,4%). Sebanyak 80 keluarga (94,2%) tergolong dalam keluarga sejahtera tingkat I dan 5 keluarga (5,8%) tergolong keluarga prasejahtera. Berdasarkan World Bank, terdapat 3 keluarga (3,6%) berada pada kemiskinan ekstrem, 65 keluarga (76,4%) berada pada level menengah ke bawah, dan 17 keluarga (20%) keluarga berada pada level menengah ke atas.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
Program Studi: Pascasarjana
Pengguna Deposit: 2301901745 . Digilib
Date Deposited: 02 Feb 2023 04:19
Terakhir diubah: 02 Feb 2023 04:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68653

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir