PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS STEAM UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

AHMAD, FADHLILAH (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS STEAM UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (5Mb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah kebutuhan pendidik akan instrumen penilaian berpikir kritis dan kreatif pada pembelajaran tematik berbasis STEAM. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian berpikir kritis dan kreatif pada pembelajaran tematik berbasis STEAM. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan sampel 69 peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Budi Utomo kecamatan Metro Selatan. Pengujian kelayakan instrumen yang dikembangkan pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji daya beda dan uji tingkat kesukaran. Instrumen yang dikembangkan berjumlah 12 instrumen kemampuan berpikir kritis dan 12 instrumen kemampuan berpikir kreatif. Hasil uji kelayakan produk diperoleh 11 instrumen berpikir kritis dan 10 instrumen berpikir kreatif yang valid, reliabel memiliki daya beda dan tingkat kesukaran yang layak. Kata kunci: Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, Penilaian, Pembelajaran Tematik, STEAM abstract The problem in this study is the need for educators to assess critical and creative thinking instruments in STEAM-based thematic learning. This study aims to produce critical and creative thinking assessment instruments in STEAM-based thematic learning. The type of this research was Research and Development (R&D) with a sample of 69 students in class V at SD Negeri Gugus Budi Utomo, Metro Selatan sub-district. Testing the feasibility of the instruments developed in this study used validity tests, reliability tests, differential power tests and difficulty level tests. The instruments developed were 12 critical thinking skills instruments and 12 creative thinking ability instruments. The results of the product feasibility test obtained 11 critical thinking instruments and 10 creative thinking instruments which are valid, reliable, have differential power and an appropriate level of difficulty. Keywords: Critical Thinking, Creative Thinking, Assessment, Thematic Learning, STEAM

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2301657143 . Digilib
Date Deposited: 02 Feb 2023 08:03
Terakhir diubah: 02 Feb 2023 08:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68673

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir