STRATEGI PENGEMBANGAN COMMUNITY CAPACITY DALAM PEMBANGUNAN DESA WISATA (STUDI PADA WISATA ALAM 21 KAMPUNG AJI MESIR, KECAMATAN GEDUNG AJI, KABUPATEN TULANG BAWANG)

AYU WIDIANINGRUM, DIAH (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN COMMUNITY CAPACITY DALAM PEMBANGUNAN DESA WISATA (STUDI PADA WISATA ALAM 21 KAMPUNG AJI MESIR, KECAMATAN GEDUNG AJI, KABUPATEN TULANG BAWANG). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Wisata Alam 21 merupakan usaha ekonomi produktif desa Kampung Aji Mesir, terdapat masyarakat lokal yang tergabung dalam komunitas desa wisata. Permasalahan saat ini yaitu kreativitas dan inovasi komunitas dalam pengembangan Wisata Alam 21, tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kapasitas komunitas dari beberapa strategi yang dipilih dalam pembangunan Wisata Alam 21, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat komunitas desa wisata dalam pengembangan Wisata Alam 21. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, pengembangan kapasitas komunitas Wisata Alam 21 telah berjalan optimal hal tersebut berdasarkan hasil penelitian yang dikaji dengan teori strategi pengembangan community capacity oleh Chaskin et all., 2001. Seperti strategi leadership development, community organizing, dan interorganizational development, namun pada organizational development belum berjalan optimal karena belum ada strategi yang terprogram dan terencana untuk membangun kualitas dan kuantitas serta belum pernah mengikuti pelatihan atau studi banding desa wisata untuk meningkatkan kapasitas, ketrampilan dan inovasi komunitas Wisata Alam 21. Sementara faktor pendukung Wisata Alam 21 yaitu modal sosial, alokasi dana untuk sarana dan prasarana, adanya akun media sosial. Faktor penghambat yaitu kurangnya kreativitas SDM dalam promosi maupun peningkatkan kapasitas komunitas, kurangnya kerjasama dengan eksternal, kurangnya ide dalam pengembangan potensi Wisata Alam 21, dan belum di perbaiki akses jalan menuju desa wisata. Kata Kunci: strategi, desa wisata, komunitas, leadership development, organizational development,community organizing, interorganizational development

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: 2301711001 . Digilib
Date Deposited: 02 Feb 2023 08:06
Terakhir diubah: 02 Feb 2023 08:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68674

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir