PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPACLIP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PERSERTA DIDIK PADA MATERI GEOMETRI RUANG

TATIK, HANDAYANI (2023) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPACLIP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PERSERTA DIDIK PADA MATERI GEOMETRI RUANG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (650Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE THESISI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (40Mb)
[img]
Preview
File PDF
FILE THESISI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (29Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPACLIP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI GEOMETRI RUANG Oleh TATIK HANDAYANI Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan produk pengembangan media pembelajran berbasis FlipaClip serta menguji keefektifan produk yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan mengacu kepada langkah-langkah model pengembangan 4D. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 5 Bandar Lampung kelas XII MIPA Semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Rancangan penelitian yang digunakan dalam ujicoba produk penelitian adalah Pretest-Posttes Control Group Design. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data meliputi pedoman wawancara, lembar observasi, lembar angket dan tes. Analisis yang digunakan adalah analisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah, analisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah (uji Normalitas, Uji Homogentas dan Uji-t), dan analisis kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajran berbasis FlipaClip untuk meningkatakan kemampuan pemecahan masalah layak, praktis dan efektif berdasarkan hasil penilaian validator dan pembelajaran menggunakan produk hasil pengembangan efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa serta produk dinilai sangat menarik berdasarkan penilaian guru dan tanggapan peserta didik. Kata Kunci: Media Pembelajaran, FlipaClip, Kemampuan Pemecahan Masalah.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301053030 . Digilib
Date Deposited: 06 Feb 2023 01:45
Terakhir diubah: 06 Feb 2023 01:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68725

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir