PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS ETNOSAINS NYERUIT UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF

YUSTINA RETNO KUSUMA WARDANI, 2023025006 (2023) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS ETNOSAINS NYERUIT UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3150Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3147Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan e-LKPD berbasis etnosains Nyeruit untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP pada materi zat aditif dan zat adiktif. Metode penelitian menggunakan R&D yang mengacu pada model pengembangan 4-D yang disarankan oleh Thiagarajan. Tahap pengembangan yang dilakukan, yaitu Define, Design, Development, and Disseminate. Subjek penelitian adalah 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas VIIIA dan 30 siswa kelas VIIIC di UPTD SMP N 1 Jabung. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data validasi, keterlaksanaan pembelajaran, uji respon siswa dan respon guru. Sedangkan tes digunakan untuk mengukur efektivitas dengan mengumpulkan data pretest dan posttest. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa hasil validasi ahli materi dan media memperoleh persentase nilai 84,7% berada pada kategori valid. e-LKPD praktis digunakan dengan persentase nilai 91,1% dengan kriteria sangat praktis. e-LKPD ini juga efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 0,72 dengan klasifikasi tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata N-gain 0,54 dengan klasifikasi sedang. This study aims to describe the validity, practicality, and effectiveness of the Nyeruit ethnoscience-based e-LKPD to increase scientific literacy of junior high school students in the material of additives and addictive substances. The research method uses R&D which refers to the 4-D development model suggested by Thiagarajan. The development stage carried out is Define, Design, Development, and Disseminate. The research subjects were 60 students consisting of 30 class VIIIA students and 30 class VIIIC students at UPTD SMP N 1 Jabung. The instruments used were questionnaires and tests. Questionnaires are used to obtain validation data, implementation of learning, test student responses and teacher responses. While tests are used to measure effectiveness by collecting pretest and posttest data. The results of this research and development indicate that the results of the validation of material and media experts obtained a percentage of 84.7% in the valid category. e-LKPD is practically used with a percentage value of 91.1% with very practical criteria. This e-LKPD is also effective for increasing students' scientific literacy in the experimental class with an average N-gain of 0.72 with a high classification compared to the control class with an average N-gain of 0.54 with a medium classification.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: 2301154078 . Digilib
Date Deposited: 06 Feb 2023 04:46
Terakhir diubah: 06 Feb 2023 04:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68781

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir