PERBANDINGAN DIPLOMASI PUBLIK MELALUI INDUSTRI HALAL PADA SEKTOR KULINER ANTARA THAILAND DAN INDONESIA TAHUN 2019 - 2021

RIMA , AGUSTINA DEWI (2023) PERBANDINGAN DIPLOMASI PUBLIK MELALUI INDUSTRI HALAL PADA SEKTOR KULINER ANTARA THAILAND DAN INDONESIA TAHUN 2019 - 2021. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2900Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2289Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis diplomasi publik yang dijalankan oleh Thailand dan Indonesia terkait makanan halal. Analisis skripsi ini dilakukan dengan menggunakan konsep diplomasi publik dan konsep industri halal, dalam memahami kebijakan pengembangan ekonomi khususnya pada sektor makanan halal baik di Thailand maupun Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan data sekunder, sementara teknik analisis data menggunakan kondensasi data yang mengacu pemfokusan, pemilihan data, penyederhanaan, transformasi data dan klasifikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah diplomasi publik yang dijalankan oleh kedua negara untuk meingkatkan ekspor pada sektor makanan halal menunjukkan pergerakan yang positif dimana ekspor makanan halal untuk negara Thailand meningkat sebesar 7,1 persen sedangkan untuk Indonesia meningkat 16,99 persen. Hal tersebut juga berdampak pada aspek ekonomi, politik, budaya, teknologi dan hubungan internasional. Dari adanya jumlah kenaikan ekspor yang dihasilkan ini, Indonesia merupakan negara yang paling memanfaatkan diplomasi publik yang didukung oleh banyaknya jumlah produk yang telah tersertifikasi halal, pemanfaatan SDM dan SDA secara optimal, budaya yang kental dengan ajaran Islam, infrastruktur keuangan syariah yang mendukung hingga terdapat kawasan industri halal sebagai pusat pembuatan makanan halal di Indonesia yakni Sidoarjo, Serang dan Bintan. Kata Kunci: Diplomasi Publik, Industri Halal, Makanan Halal, Peluang, Sertifikasi Halal.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi S1-Hubungan Internasional
Pengguna Deposit: 2301779795 . Digilib
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:10
Terakhir diubah: 07 Feb 2023 02:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68831

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir