PENGARUH PEMBERIAN PUPUK N P K DAN KOMPOS TERHADAP BEBERAPA SIFAT KIMIA PADA TANAH INCEPTISOL YANG DITANAMI JAGUNG (Zea mays L.)

Prasetyo , Indra Pangestu (2022) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK N P K DAN KOMPOS TERHADAP BEBERAPA SIFAT KIMIA PADA TANAH INCEPTISOL YANG DITANAMI JAGUNG (Zea mays L.). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (876Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (839Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tanah Inceptisol merupakan tanah masam yang mempunyai kadar unsur hara esensial rendah, terutama unsur hara N, P dan K. Peningkatan produktivitas tanah ultisol dapat dilakukan dengan melakukan pemupukan, penambahan bahan organik yang dapat memperbaiki sifat biologi, kimia dan fisika tanah. Kompos berperan dalam memperbaiki struktur tanah, meningkatkan pH, KTK, aktivitas mikroorganisme dan ketersediaan unsur hara di dalam tanah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah kombinasi pemupukan kompos dapat meningkatkan kandungan unsur hara seperti N-Total, P-Tersedia dan K-dd tanah, (2) untuk mengetahui apakah kombinasi pemupukan NPK dan Kompos dapat berpengaruh terhadap pH dan KTK tanah. Penelitian ini dilaksanakan di kebun percobaan Desa Muara Putih Lampung Selatan dari bulan Oktober 2020 sampai bulan Juni 2021. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial menggunakan 7 perlakuan dengan 4 ulangan. Perlakuan pada penelitian ini yaitu (A) Kontrol, (B) 1 NPK, (C) ¾ NPK, (D) ¾ NPK + ½ PO, (E) ¾ NPK + 1 PO, (F) ¾ NPK + 1,5 PO, (G) 1 NPK + 1 PO. Data dianalisis Homogenitas ragamnya menggunakan uji Bartlett dan Aditivitas dengan uji Tukey. Selanjutnya jika asumsi terpenuhi dilakukan uji analisis ragam, apabila terdapat pengaruh nyata dilanjutkan dengan uji BNJ taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemberian pupuk ¾ NPK + ½ PO mampu meningkatkan kandungan N-Total, P-Tersedia, dan K-dd, (2) Pemberian pupuk ¾ NPK + ½ PO mampu meningkatkan pH tanah dibandingkan kontrol dan sebelum perlakuan. Namun untuk KTK, perlakuan 1 NPK menghasilkan hasil tertinggi. Kata kunci: Inceptisol, Kompos, NPK

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Ilmu Tanah
Pengguna Deposit: 2301191510 . Digilib
Date Deposited: 07 Feb 2023 06:57
Terakhir diubah: 07 Feb 2023 06:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68886

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir