PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN APLIKASI PREZI UNTUK SISWA SMA KELAS X

RIDHA , ADILLA .AR (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN APLIKASI PREZI UNTUK SISWA SMA KELAS X. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4079Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (4083Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

The problem of this research is related to the development of biographical learning media using the Prezi application for class X high school students. This study aims to reveal problems and develop learning media, describe the attractiveness of learning media, and test the effectiveness of media products in class X in learning biographical texts. The research method uses the DDD-E model, namely Decide (setting goals), Design (designing products), Delevop (development), Evaluate (evaluating). The research was conducted at SMAN 5 Bandalampung, SMAN 17 Bandarlampung, and SMA Taman Siswa Telukbetung. The technique of collecting data is by interviewing and distributing questionnaires in three schools. The results showed that (1) the biographical learning media was successfully developed using the Prezi application for class X SMA students; (2) the overall attractiveness of learning media products was stated to be very attractive by students in three schools with each rating percentage of 82.16%, 80%, 85.5%; (3) the learning media is effective enough to be used in the biographical learning process in each school with an N-gain value of (0.42), (0.31), (0.46) included in the medium category. Keywords: learning media, prezi, biography Permasalahan penelitian ini berkaitan dengan pengembangan media pembelajaran teks biografi menggunakan aplikasi prezi untuk siswa kelas X SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan permasalahan dan mengembangkan media pembelajaran, mendeskripsikan kemenarikan media pembelajaran, dan menguji efektivitas produk media di kelas X pada pembelajaran teks biografi. Metode penelitian mengunakan model DDD-E, yaitu Decide (menentukan tujuan), Design (mendesain produk), Delevop (pengembangan), Evaluate (evaluasi). Penelitian dilakukan di SMAN 5 Bandarlampung, SMAN 17 Bandarlampung, dan SMA Taman Siswa Telukbetung. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan penyebaran angket di tiga sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berhasil dikembangkan media pembelajaran teks biografi menggunakan aplikasi prezi untuk siswa kelas X SMA; (2) kemenarikan produk media pembelajaran keseluruhan dinyatakan sangat menarik oleh siswa pada tiga sekolah dengan masing-masing persentase penilaian 82,16%, 80%, 85,5%; (3) media pembelajaran cukup efektif untuk digunakan di dalam proses pembelajaran teks biografi pada masing-masing sekolah dengan nilai N-gain sebesar (0,42), (0,31), (0,46) termasuk dalam kategori sedang. Kata kunci: media pembelajaran, prezi, teks biografi

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 2301261626 . Digilib
Date Deposited: 08 Feb 2023 01:35
Terakhir diubah: 08 Feb 2023 01:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68906

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir