Efektivitas Pupuk Daun Mikro Majemuk Fe dan Zn terhadap Serapan Hara Fe dan Zn, Pertumbuhan, dan Produksi pada Tanaman Jagung Manis (Zea mays Saccharata) di Tanah Ultisol

Novita , Sari (2022) Efektivitas Pupuk Daun Mikro Majemuk Fe dan Zn terhadap Serapan Hara Fe dan Zn, Pertumbuhan, dan Produksi pada Tanaman Jagung Manis (Zea mays Saccharata) di Tanah Ultisol. Fakultas Pertanian, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak_Novita Sari_1814181018.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full_Novita Sari_1814181018.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2544Kb)
[img]
Preview
File PDF
Skripsi full tanpa pembahasan_Novita Sari_1814181018.pdf

Download (2179Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Jagung manis (Zea mays Saccharata) merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak dikonsumsi serta digemari oleh masyarakat Indonesia. Permintaan jagung manis semakin meningkat seiring bertambahnya penduduk. Pemupukan melalui tanah masih dianggap kurang efektif, karena pemupukan melalui tanah secara terus menerus dapat menghilangkan unsur hara dari pupuk anorganik tersebut. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana efektivitas pupuk daun mikro majemuk Fe dan Zn terhadap serapan hara Fe dan Zn, pertumbuhan, dan produksi pada tanaman jagung manis (Zea mays Saccharata) di tanah Ultisol. Penelitian dilakukan di Desa Srisawahan, Kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung, dari bulan Mei – Agustus 2021. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan pada penelitian ini adalah Kontrol (K), Standar (S), Standar + pupuk daun mikro majemuk Fe dan Zn (SM), ¾ Standar + pupuk daun mikro majemuk Fe dan Zn (3/4 SM). Analisis data menggunakan anara dan dilanjut dengan uji DMRT 5%. Hasil yang didapat pada penelitian ini adalah pemberian pupuk daun mikro majemuk Fe dan Zn di samping pemberian pupuk NPK pada tanah mampu meningkatkan secara nyata hasil produksi dan brangkasan jagung manis, panjang tongkol dan diameter tongkol jagung manis, kadar hara Fe dan Zn serta serapan hara Fe dan Zn pada brangkasan dan biji jagung manis. Pemberian pupuk daun mikro majemuk Fe dan Zn di samping pemberian pupuk NPK pada tanah tidak mampu meningkatkan secara nyata pertumbuhan pada tinggi tanaman, jumlah daun, dan diameter batang tanaman jagung manis.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Ilmu Tanah
Pengguna Deposit: 2301646657 . Digilib
Date Deposited: 08 Feb 2023 07:45
Terakhir diubah: 08 Feb 2023 07:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68967

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir