PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP AL KAUTSAR BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

Lela , Suri (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP AL KAUTSAR BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3116Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (3119Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Rendahnya pembelajaran menulis teks eksplanasi pada peserta didik Kelas VIII H SMP Al Kautsar Bandar Lampung Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik kelas VIII H SMP Al Kautsar Bandar Lampung Tahun Ajaran 2021/2022 dalam menulis teks eksplanasi melalui penerapan model pembelajaran discovery learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Tempat penelitian di SMP Al Kautsar Bandar Lampung. Siklus I, dan siklus II melalui penerapan model pembelajaran discovery learning. Siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) rencana pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran discovery learning pada peserta didik kelas VIII H SMP Al Kautsar Bandar Lampung. Perencanaan pembelajaran pada kondisi awal adalah 61,57 dalam kategori cukup, siklus I 81,48 dalam kategori baik, siklus II 94,91 dalam kategori sangat baik; (2) pelaksanaan pembelajaran pada kondisi awal 74,64 dalam kategori baik, siklus I 90,79 dalam kategori baik, siklus II 96,38 dalam kategori sangat baik; (3) rata-rata peningkatan kualitas pembelajaran menulis teks eksplanasi peserta didik kelas VIII. H SMP Al Kautsar Bandar Lampung pada kondisi awal adalah 73,59 dalam kategori baik, siklus I 81,56 dalam kategori baik siklus II 90,47 dalam kategori baik. (4) kegiatan pembelajaran secara keseluruhan, baik dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran dari mulai kondisi awal, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan. Kata Kunci: Teks Eksplanasi, Discovery Learning, Siklus. The low level of learning to write explanatory texts for Class VIII H students at SMP Al Kautsar Bandar Lampung for the Academic Year 2021/2022. This study aims to improve the quality of learning for class VIII H students of SMP Al Kautsar Bandar Lampung for the 2021/2022 Academic Year in writing explanatory texts through the application of the discovery learning model. The type of research used is classroom action research (PTK) conducted in two cycles. Place of research at SMP Al Kautsar Bandar Lampung. Cycle I, and cycle II through the application of discovery learning learning models. cycle consists of planning, implementation, observation and reflection. The results of this study indicate that (1) the learning plan through the application of the discovery learning learning model to students in class VIII H SMP Al Kautsar Bandar Lampung. Learning planning in the initial conditions was 61.57 in the adequate category, the first cycle was 81.48 in the good category, the second cycle was 94.91 in the very good category; (2) implementation of learning in the initial conditions 74.64 in the good category, the first cycle 90.79 in the good category, the second cycle 96.38 in the very good category; (3) the average increase in the quality of learning to write explanatory texts for class VIII students. H SMP Al Kautsar Bandar Lampung in the initial conditions was 73.59 in the good category, the first cycle was 81.56 in the good category the second cycle was 90.47 in the good category. (4) learning activities as a whole, both from lesson planning, learning implementation, and learning assessment starting from the initial conditions, cycle I, and cycle II have increased. Keywords: Explanatory Text, Discovery Learning, Cycle.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 2301071371 . Digilib
Date Deposited: 08 Feb 2023 07:48
Terakhir diubah: 08 Feb 2023 07:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68969

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir