Perbedaan Efektivitas Antara Pelarut Metanol dengan N-heksana Pada Ekstrak Kulit Pisang Kepok Lampung (Musa paradisiaca L) Sebagai Antidislipidemia Terhadap Kadar Kolesterol Total dan Trigliserida Pada Tikus Putih (Rattus norvegicus) Jantan Galur Sprague Dawley yang Diinduksi Diet Tinggi Lemak

Nickyta , Yolandita Rosti (2022) Perbedaan Efektivitas Antara Pelarut Metanol dengan N-heksana Pada Ekstrak Kulit Pisang Kepok Lampung (Musa paradisiaca L) Sebagai Antidislipidemia Terhadap Kadar Kolesterol Total dan Trigliserida Pada Tikus Putih (Rattus norvegicus) Jantan Galur Sprague Dawley yang Diinduksi Diet Tinggi Lemak. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2349Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2326Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Dislipidemia adalah gangguan metabolisme lipid yang menjadi salah satu faktor risiko terjadinya penyakit kardiovaskular. Kulit pisang kepok Lampung (Musa paradisiaca L.) mengandung flavonoid, saponin, tanin, alkaloid, dan terpenoid yang mampu menurunkan kolesterol dan menahan radikal bebas. Metanol dan n-heksana termasuk senyawa yang dapat dijadikan pelarut. Metode: Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian besar yang menggunakan desain eksperimental laboratorium dengan pola Post-Test Only Control Group Design. Jumlah sampel 30 ekor yang dibagi menjadi 6 kelompok. Akan tetapi, pada penelitian ini hanya diambil 4 kelompok dari penelitian besar yaitu KN (normal), K+ (kuning telur bebek), K- (kuning telur bebek + simvastatin), P1 (kuning telur bebek + ekstrak metanol kulit pisang kepok Lampung), dan P2 (kuning telur bebek + ekstrak n-heksana kulit pisang kepok Lampung) selama 30 hari. Hasil: Hasil uji normalitas Saphiro-wilk dan homogenitas levene didapatkan hasil p>0,05. Pada uji One-way ANOVA pada kadar kolesterol total p=0,008 (p<0,05) yang menunjukkan terdapat perbedaan bermakna antar kelompok. Sedangkan, pada kadar trigliserida p=0,240 (p>0,05) yang menunjukkan tidak terdapat perbedaan bermakna antar kelompok. Hasil uji Post-Hoc LSD didapatkan perbedaan yang bermakna pada kolesterol total KN dengan K+ (p=0,007), KN dengan P2 (p=0,013), K+ dengan P1 (p=0,009), dan P1 dengan P2 (p=0,016). Simpulan: Perbedaan efektivitas antara pelarut metanol dengan n-heksana pada ekstrak kulit pisang kepok Lampung (Musa paradisiaca L.) sebagai antidislipidemia hanya signifikan terhadap kadar kolesterol total pada tikus putih (Rattus norvegicus) jantan galur Sprague Dawley yang diinduksi diet tinggi lemak.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2301317687 . Digilib
Date Deposited: 09 Feb 2023 01:49
Terakhir diubah: 09 Feb 2023 01:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69006

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir