DESAIN PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEMM PADA KOMPETENSI KEAHLIAN AGRIBISNIS TERNAK RUMINANSIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI UNGGUL TERPADU

MADE, SUPIASE (2023) DESAIN PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEMM PADA KOMPETENSI KEAHLIAN AGRIBISNIS TERNAK RUMINANSIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI UNGGUL TERPADU. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2352Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN..pdf

Download (2301Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan dengan metode penelitian pengembangan, bertujuan untuk menganalisis potensi dan kondisi, karakteristik, keterlaksanaan, kemenarikan, aktifitas siswa, dan efektifitas penggunaan Desain Project Based Learning Terintegrasi STEMM pada Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak Ruminansia untuk meningkatkan kemampuan berwirausaha siswa SMK Negeri Unggul Terpadu tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dengan angket dan observasi. Hasil produk berupa pengembangan desain Project Based Learning Terintegrasi STEMM dilengkapi dengan Sintaks, Silabus, RPP dan LKPD. Hasil validasi ahli materi untuk kelayakan desain project based learning terintegrasi STEMM memperoleh hasil 96% (layak digunakan), hasil validasi oleh ahli media/desain memperoleh hasil rata-rata 93,5 % (layak digunakan), hasil uji validasi ahli bahasa memperoleh hasil rata-rata 92,5 % (layak digunakan). Ujicoba produk terhadap keterlaksanaan desain sebesar 92 % (dapat dipergunakan) dan respon peserta didik terhadap kemenarikan desain sebesar 100 % ( menarik ). Hasil Rata-rata N-Gain Score menunjukkan Desain Project Based Learning terintegrasi STEMM efektif untuk meningkatkan kemampuan berwirausaha siswa di kompetensi keahlian agribisnis ternak ruminansia SMK Negeri Unggul Terpadu. Kata kunci : STEMM, kemampuan berwirausaha, project based learning, agribisnis ternak ruminansia, desain pembelajaran

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: 2301369372 . Digilib
Date Deposited: 09 Feb 2023 01:53
Terakhir diubah: 09 Feb 2023 01:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69008

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir