PENGEMBANGAN DESAIN DISCOVERY-INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIS

Analia, 2023021019 (2023) PENGEMBANGAN DESAIN DISCOVERY-INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIS. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1331Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1267Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Rendahnya kemampuan siswa memecahkan masalah matematis di SMK Muhammadiyah Pagelaran menjadi salah satu usaha guru dalam melakukan inovasi dan perubahan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tahapan desain discovery-inquiry learning untuk meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah matematis; (2) pengembangan desain discovery-inquiry learning memenuhi kriteria valid dan praktis; (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa memecahkan masalah matematis yang menggunakan desain discovery-inquiry learning (kelompok kelas eksperimen) dan siswa yang tidak menggunakan desain discovery-inquiry learning untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematis (kelompok kelas kontrol). Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R & D) model Borg and Gall dengan rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Pretest-Posttes Control Group Design. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data meliputi pedoman wawancara, lembar observasi, lembar angket dan tes. Analisis yang digunakan adalah analisis hasil validasi ahli, respon atau tanggapan guru da siswa, analisis kemampuan siswa memecahkan masalah matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh desain discovery-inquiry learning untuk meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah matematis, desain discovery-inquiry learning untuk meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah matematis valid dan praktis berdasarkan hasil penilaian ahli, respon atau tanggapan guru dan siswa dan pembelajaran menggunakan desain pembelajaran hasil pengembangan efektif meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah matematis serta produk dinilai sangat praktis berdasarkan penilaian guru dan tanggapan siswa. Kata Kunci: Model Discovery-Inquiry Learning, Metode Tutor Sebaya, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301531232 . Digilib
Date Deposited: 10 Feb 2023 08:15
Terakhir diubah: 10 Feb 2023 08:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69109

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir