HUBUNGAN ANTARA INDEKS MASSA TUBUH (IMT) DENGAN METASTASIS PADA PASIEN KANKER PAYUDARA DI RSUD DR. H. ABDUL MOELOEK LAMPUNG PERIODE JANUARI-DESEMBER 2019

FADILA , GUSTIANI DARAZ (2023) HUBUNGAN ANTARA INDEKS MASSA TUBUH (IMT) DENGAN METASTASIS PADA PASIEN KANKER PAYUDARA DI RSUD DR. H. ABDUL MOELOEK LAMPUNG PERIODE JANUARI-DESEMBER 2019. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kanker payudara adalah suatu penyakit di payudara berupa sel yang terus-menerus tumbuh secara tidak normal dan tidak terkendali. Angka penderita kanker payudara terus meningkat setiap tahun. Pada tahun 2018, jumlah kasus baru kanker payudara di seluruh dunia berkisar 2,1 juta orang dengan jumlah kematian sebesar 626.679 orang. Salah satu faktor yang diyakini memiliki peran dalam perkembangan dan pertumbuhan kanker payudara adalah status gizi yang dapat dihubungkan dengan indeks massa tubuh pasien. Pasien obesitas memiliki risiko 1,5 kali mengalami rekurensi dibandingkan pasien dengan IMT normal. IMT yang rendah berkaitan dengan kekambuhan lokal kanker payudara setelah pengobatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara indeks massa tubuh, usia, jenis, dan grade kanker dengan metastasis pada pasien kanker payudara, dan mengetahui lokasi metastasis pada pasien kanker payudara di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian diambil menggunakan total sampling dan didapatkan sebanyak 80 orang di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara indeks massa tubuh, umur, jenis, dan grade kanker dengan metastasis kanker payudara di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung. Lokasi metastasis terbanyak di pleura. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Indeks massa tubuh tidak berhubungan dengan metastasis kanker payudara di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2301638606 . Digilib
Date Deposited: 13 Feb 2023 07:01
Terakhir diubah: 13 Feb 2023 07:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69113

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir