MANAJEMEN KURIKULUM TAHFIDZ PADA ANAK USIA DINI (Studi di TAUD SaQu Al Hikmah Bandar Lampung)

ELSY TRIYANA , 2023012007 (2023) MANAJEMEN KURIKULUM TAHFIDZ PADA ANAK USIA DINI (Studi di TAUD SaQu Al Hikmah Bandar Lampung). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1667Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1667Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan manajemen kurikulum tahfidz pada anak usia dini di TAUD SaQu Al Hikmah Bandar Lampung yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian diperoleh bahwa perencanaan kurikulum tahfidz di TAUD SaQu Al Hikmah Bandar Lampung telah melaksanakan tiga aspek perencanaan yang meliputi perencanaan strategis dengan melakukan pembentukan tim perencana dan pelaksana program kurikulum, perencanaan program yang akan diimplementasikan, serta perencanaan pembelajaran oleh guru. Pelaksanaan kurikulum tahfidz TAUD SaQu Al Hikmah Bandar Lampung dilaksanakan berdasarkan perencanaan yang sudah ditetapkan yakni dengan memperhatikan strategi pelaksanaan program, faktor pendukung pelaksanaan program, penyediaan sarana dan prasarana, serta setting lingkungan belajar. Evaluasi kurikulum tahfidz TAUD SaQu Al Hikmah Bandar Lampung dilakukan dengan cara membandingkan unjuk kerja program dengan standar yang berlaku, yakni dengan melaksanakan penyelenggaraan evaluasi program, melibatkan para pemangku kepentingan dalam evaluasi, dan mengidentifikasi penghambat keterlaksanaan program kurikulum. Kata Kunci: Perencanaan Kurikulum, Pelaksanaan Kurikulum, Evaluasi Kurikulum This research aimed to analyze and describe early childhood tahfidz curriculum management in TAUD SaQu Al-Hikmah Bandar Lampung which consisted of planning, implementation, and evaluation. This research used a descriptive qualitative approach with data collection techniques through observation, interview, and documents review. The results showed that tahfidz curriculum planning in TAUD SaQu Al-Hikmah Bandar Lampung is involved three aspects of planning including strategic planning by forming a planning team and the people who will run the curriculum program, planning of the program which is going to be implemented, and planning of the syllabus by the teachers. The implementation of TAUD SaQu Al-Hikmah Bandar Lampung tahfidz program was carried out according to the planning which was already determined by adhering to the program implementation strategy, supporting factors of program implementation, provision of facilities and infrastructure, and setting a learning environment. TAUD SaQu Al-Hikmah Bandar Lampung tahfidz curriculum was evaluated by comparing program performance with established standards, done by evaluating the implementation of the program, involving stakeholders in the evaluation, and identifying hurdles during the implementation of the curriculum program. Keywords: Curriculum Planning, Curriculum Implementation, Curriculum Evaluation

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Administrasi Pendidikan
Pengguna Deposit: 2301759933 . Digilib
Date Deposited: 13 Feb 2023 03:31
Terakhir diubah: 13 Feb 2023 03:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69132

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir