Manajemen Interferensi Menggunakan Metode Algoritma Penjadwalan Berdasarkan Posisi dan Beban Trafik User pada Teknologi Cell-Less Cloud-Radio Access Network

Ahmad, Luthfi Gustomi (2023) Manajemen Interferensi Menggunakan Metode Algoritma Penjadwalan Berdasarkan Posisi dan Beban Trafik User pada Teknologi Cell-Less Cloud-Radio Access Network. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (110Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE TUGAS AKHIR SKRIPIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
FILE TUGAS AKHIR SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3586Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permintaan pengguna seluler untuk kualitas dan kapasitas data meningkat seiring berkembangnya layanan (multimedia, game online, download, upload, dll). Hal ini mengemukakan tantangan besar bagi penyedia layanan. Maka, optimalisasi penggunaan sumber daya radio adalah masalah utama dalam jaringan nirkabel. Teknologi Cloud-Radio Access Network (C-RAN) mendukung strategi inovatif dengan mempertimbangkan jaringan sebagai "sel hiper" daripada sekumpulan sel yang independen satu sama lain. Strategi yang sering disebut "Cell-less" memungkinkan untuk memusatkan pengambilan keputusan. Teknologi Cell-less C-RAN secara dinamis menangani penjadwalan di setiap sel sesuai dengan Channel State Information (CSI) masing-masing untuk mengurangi interferensi. Scheduling yang dilakukan masih menimbulkan permasalahan interferensi dan fairness di setiap sel. Untuk itu, skripsi ini menggunakan metode Combination of Dynamic Scheduling (CDS) berdasarkan posisi dan beban trafik user untuk mengatasi dua jenis permasalahan tersebut. Signal to Interference plus Noise Ratio (SINR), Throughput, Spectral Efficiency, dan Fairness digunakan sebagai parameter untuk mengevaluasi kinerja sistem. Pemodelan dan simulasi digunakan untuk menguji sistem. Hasil simulasi yang didapatkan menunjukkan bahwa dengan metode CDS nilai SINR, Throughput, Spectral Efficiency, dan Fairness Index lebih baik daripada tanpa menggunakan metode tersebut. Metode tanpa CDS yang digunakan sebagai pembanding adalah tiga buah metode scheduling yaitu:(1) round-robin, (2) scheduling berdasarkan posisi user dan, (3) scheduling berdasarkan beban trafik. Dengan metode CDS, nilai SINR kurang dari 20 dB sebesar 11 persen, sedangkan tanpa metode CDS sebesar 100 persen. Nilai Throughput dengan metode CDS kurang dari 60 Mbps bernilai 14 persen sedangkan tanpa metode CDS sebesar 100 persen. Dengan metode CDS nilai Spectral Efficiency lebih besar dari 5 bit/s/Hz sebesar 3 persen, sedangkan tanpa metode CDS sebesar 60 persen. Nilai Fairness Index menggunakan CDS memiliki nilai 0,837, sedangkan tanpa metode CDS memiliki nilai Fairness Index 0,807.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Elektro
Pengguna Deposit: 2301872835 . Digilib
Date Deposited: 13 Feb 2023 04:12
Terakhir diubah: 13 Feb 2023 04:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69143

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir