PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM PESERTA DIDIK SMP

EKA, CANDRA KURNIAWATI (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM PESERTA DIDIK SMP. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM PESERTA DIDIK SMP Oleh EKA CANDRA KURNIAWATI Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis discovery learning yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir sistem peserta didik. Desain penelitian menggunakan model 4-D meliputi define, design, develop, dan disseminate. Tahap uji coba terbatas menggunakan desain penelitian eksperimen bentuk pre-post control group design, dengan jumlah 30 siswa kelas VII yaitu SMPN 3 Katibung Lampung Selatan. Subjek uji coba produk menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan dua kelas di SMPN 1 Katibung Lampung Selatan. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Kevalidan LKPD model Discovery Learning hasil pengembangan diperoleh dari hasil validasi ahli pada aspek kesesuaian isi 95 %, konstruksi 97% dan bahasa 95% dengan keriteria sangat valid. Kepraktisan LKPD model Discovery Learning ditinjau dari penilaian keterlaksanaan pembelajaran dengan LKPD, respon pendidik dan siswa. Keefektifan didasarkan pada nilai n-Gain dan effect size tes kemampuan berpikir sistem. Hasil penelitian respon pendidik menunjukkan bahwa Aspek kemenarikan 88%, kebermanfaatan 97% dan keterbacaan 91% dengan kriteria sangat valid. Hasil respon siswa menunjukkan bahwa: Aspek kemenarikan 87%, kebermanfaatan 87% dan keterbacaan 90% dengan kriteria sangat valid. LKPD model Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir sistem dinyatakan sangat valid ditinjau dari aspek isi, konstruksi dan bahasa dengan rata-rata persentase nilai sebesar 97%. LKPD model Discovery Learning praktis digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir sistem siswa ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran dengan rata-rata persentase nilai sebesar 90,42% dengan interpretasi hampir seluruh aktivitas terlaksana serta rata-rata persentase nilai respon siswa dan pendidik sebesar 87% dan 89% yang keduanya berkategori sangat tinggi. LKPD model Discovery Learning efektif meningkatkan kemampuan berpikir sistem dengan nilai rata-rata n-Gain sebesar 0,65 pada kelas eksperimen dan 0,58 pada kelas kontrol yang keduanya berkategori sedang. Nilai effect size kelas 0,99 yang menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan LKPD model Discovery Learning memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir sistem siswa. Kata kunci: LKPD, kemampuan berpikir sistem, Discovery Learning ABSTRACT DEVELOPMENT OF STUDENT WORK SHEET (LKPD) BASED MODEL DISCOVERY LEARNING TO IMPROVE YOUR THINKING ABILITY SYSTEM JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS By EKA CANDRA KURNIAWATI This study aims to develop and produce valid, practical, and effective discovery learningbased worksheets in improving students' systems thinking skills. The research design usea 4-D model including define, design, develop, and disseminate. The limited trial phasuses an experimental research design in the form of a pre-post control group design, witha total of 30 class VII students at SMPN 3 Katibung, South Lampung. Product triasubjects used a purposive sampling technique. This study used two classes at SMPN 1 Katibung, South Lampung. Class VII A as the experimental class and class VII B as thecontrol class. The validity of the developed Discovery Learning model LKPD wasobtained from the results of expert validation on the suitability aspect of the content o95%, construction of 97% and language of 95% with very valid criteria. The practicality of the Discovery Learning model LKPD is seen from the assessment ofthe implementation of learning with LKPD, the response of educators and students.Effectiveness is based on the n-Gain value and the effect size of the system thinkingability test. The results of the research on the response of educators show that theattractiveness aspect is 88%, usefulness 97% and readability 91% . The results of studenresponses show that: Aspects of attractiveness 87%, 87% usability and 90% readabilityDiscovery Learning model LKPD to improve systems thinking skills declared valid interms of content, construction and language aspects with an average percentage value of97%. Discovery Learning model LKPD is practically used to improve students' systemthinking skills in terms of the implementation of learning with an average percentagscore of 90.42% with an interpretation of almost all activities carried out and an average percentage of student and teacher response values of 87% and 89%, both of which are inthe very high category. The Discovery Learning model LKPD is effective in improvingsystems thinking skills with an average n-Gain value of 0.65 in the experimental clasand 0.58 in the control class, both of which are in the moderate category. The class effecsize value is 0.99 which indicates that learning using the Discovery Learning modelLKPD has a significant influence in improving Keywords: LKPD, ability think system, Discovery Learning

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 080 Kumpulan karya umum
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: 2301615795 . Digilib
Date Deposited: 13 Feb 2023 06:38
Terakhir diubah: 13 Feb 2023 06:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69163

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir