PENGEMBANGAN LKPD MATEMATIKA BERBASIS PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

MERI , SUPRIHATIN (2023) PENGEMBANGAN LKPD MATEMATIKA BERBASIS PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (154Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: mengetahui proses pengembangan, menganalisis karakteristik dan efektivitas LKPD matematika berbasis Peer Tutoring untuk meningkatkan Self Efficacy peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Negara Bumi Udik Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, kuesioner dan angket. Proses penelitian pengembangan mengacu pada Borg and Gall dan hanya dilakukan sampai tahap ke- 7. Proses pengembangan melibatkan ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Validasi ahli materi mendapat skor rata-rata 88,19%, validasi oleh ahli media dengan skor rata-rata 92%, dan validasi ahli bahasa dengan skor rata-rata 91,68%, secara keseluruhan dalam kategori “Sangat Baik”. Karakteristik dari LKPD yang dikembangkan yaitu LKPD terdiri dari 4 kegiatan, masing-masing kegiatan terdiri dari tujuan, informasi pendukung, alat dan bahan, langkah-langkah percobaan, hasil percobaan, pertanyaan pengarah, dan kesimpulan. Efektifitas diketahui dari hasil uji Wilcoxon dengan memperoleh nilai signifikan 0,000<0,05 yang menunjukkan bahwa LKPD berbasis peer tutoring efektif dalam meningkatkan keterampilan Self Efficacy. Kata kunci: LKPD matematika, Peer Tutoring, Self Efficacy. This research is a developmental research which aims to: know the development process, analyze the characteristics and effectiveness of Peer Tutoring-based math worksheets to improve the Self Efficacy of fifth grade elementary school students. The subjects of this study were students of class V Elementary School 1 Negara Bumi Udik 2022/2023 Academic Year. Data collection techniques used are documentation, questionnaires and questionnaires. The development research process refers to Borg and Gall and is only carried out up to the 7th stage. The development process involves material experts, media experts, and linguists. Material expert validation got an average score of 88.19%, validation by media experts with an average score of 92%, and linguist validation with an average score of 91.68%, overall in the "Very Good" category. The characteristics of the developed LKPD are that the LKPD consists of 4 activities, each activity consisting of objectives, supporting information, tools and materials, experimental steps, experimental results, guiding questions, and conclusions. Effectiveness is known from the results of the Wilcoxon test by obtaining a significant value of 0.000 <0.05 which indicates that peer tutoring-based worksheets are effective in improving self- efficacy skills. Keywords: Math Worksheet, Peer Tutoring, Self Efficacy.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2301580335 . Digilib
Date Deposited: 13 Feb 2023 06:43
Terakhir diubah: 13 Feb 2023 06:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69164

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir