PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

ELA , SAFITRI (2022) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (172Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1475Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1423Kb) | Preview

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran matematika kelas V di SD Negeri 1 Triharjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik kelas V. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment design dengan desain penelitian Non- equivalent control group design. Sampel penelitian ini berjumlah 42 orang, dengan teknik pengambilan sampel ditentukan dengan menggunakan teknik non probability sampling. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji regresi linier sederhana diperoleh diperoleh rhitung > rtabel (0,6505 > 0,433), maka dapat Ho ditolak dan Ha diterima, berarti dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pendekatan realistic mathematic education terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V sekolah dasar. Kata kunci : realistic mathematic education, hasil belajar, matematika

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301772740 . Digilib
Date Deposited: 14 Feb 2023 02:03
Terakhir diubah: 14 Feb 2023 02:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69207

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir