APLIKASI KOMPOS PREMIUM UNTUK MENINGKATKAN BIOMASSA KARBON MIKROORGANISME (C-MIK) PADA LAHAN MARGINAL DI PERTANAMAN NANAS, LAMPUNG TENGAH

DINAR , ADITYA (2023) APLIKASI KOMPOS PREMIUM UNTUK MENINGKATKAN BIOMASSA KARBON MIKROORGANISME (C-MIK) PADA LAHAN MARGINAL DI PERTANAMAN NANAS, LAMPUNG TENGAH. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2199Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2135Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Lahan marginal merupakan lahan terdegradasi yang meliputi penurunan karbon organik tanah, keanekaragaman hayati tanah, dan karbon biomassa. Penambahan bahan organik berupa kompos premium yang merupakan pupuk produksi PT. GGP diharapkan mampu merehabilitasi lahan terdegradasi. Salah satu indikator biologi tanah dalam meningkatkan kesuburan tanah adalah biomassa karbon mikroorganisme (C-mik). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2021 hingga Juli 2022 di PT. GGP. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mempelajari pengaruh penambahan kompos premium terhadap peningkatan biomassa karbon mikroorganisme (C-mik). Penelitian ini dirancang dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri atas 4 perlakuan dan 4 ulangan. Variabel pengamatan terdiri atas variabel utama yaitu biomassa C-mik dan variabel pendukung yaitu C-organik, pH tanah, kadar air, dan suhu tanah. Pengamatan Cmik dan variabel pendukung dilakukan sebanyak 4 kali pengamatan yaitu 13,14,15, dan 16 BST (bulan setelah tanam) dengan menggunakan metode fumigasi-inkubasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan sidik ragam pada taraf 5% yang telah diuji homogenitas ragamnya menggunakan Uji Bartlett dan additivitasnya dengan Uji Tukey. Data akan diuji lanjut menggunakan uji kontras ortogonal. Selanjutnya untuk mengetahui hubungan antara variabel pendukung dengan variabel utama dilakukan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan kompos kotoran sapi dan kompos premium meningkatkan rata-rata total biomassa karbon mikroorganisme (C-mik) sebesar 14,04 dan 20,04 mg C-CO2 kg tanah-1 10 hari-1 pada pengamatan 15 BST dan 16 BST dibandingkan tanpa kompos, sedangkan pada pengamatan 13 BST dan 14 BST aplikasi pupuk organik tidak berbeda nyata dibandingkan dengan tanpa kompos. Penambahan kompos premium dapat meningkatkan pH tanah sebesar 33%, tapi belum mampu dalam meningkatkan biomassa karbon mikroorganisme (C-mik) secara signifikan dibandingkan kompos kotoran sapi. C-organik dan pH tanah berkorelasi dengan biomassa C-mik pada pengamatan 16 BST. Pada pengamatan 13, 14, dan 15 BST C-organik, pH tanah, kadar air, dan suhu tanah tidak terdapat korelasi dengan biomassa C-mik. Kata kunci : C-Mik, Kompos Premium, Lahan Marginal, Nanas.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Ilmu Tanah
Pengguna Deposit: 2301306899 . Digilib
Date Deposited: 14 Feb 2023 02:47
Terakhir diubah: 14 Feb 2023 02:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69226

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir