PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BAWANG HITAM (Allium sativum) TERHADAP GAMBARAN HISTOPATOLOGI HIPPOCAMPUS PADA AREA CA2-3 TIKUS PUTIH JANTAN (Rattus novergicus) YANG DIINDUKSI ALKOHOL MODEL BINGE DRINKING

M. Farhan, Rozak (2023) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BAWANG HITAM (Allium sativum) TERHADAP GAMBARAN HISTOPATOLOGI HIPPOCAMPUS PADA AREA CA2-3 TIKUS PUTIH JANTAN (Rattus novergicus) YANG DIINDUKSI ALKOHOL MODEL BINGE DRINKING. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (7Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang : Bawang hitam (Allium sativum) merupakan salah satu obat-obatan herbal yang tinggi antioksidan. Bawang hitam mengandung antioksidan S-allylcysteine (SAC) dan S-allylmercaptocysteine (SAMC), allyl sulphides dan diallyl polisulphides, serta flavonoid. Bawang hitam telah terbukti memiliki efek hepatoprotektif dengan dosis efektif 800mg/kgBB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak bawang hitam dengan dosis 800g/kgBB terhadap gambaran histopatologi hippocampus tikus putih jantan (Rattus novergicus) yang diinduksi alkohol dengan model binge drinking. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimental menggunakan posttest only control group design. Terdapat 30 tikus yang dibagi menjadi 3 kelompok: kontrol negatif (K1) dengan induksi susu formula, kontrol positif (K2) dengan induksi alkohol metode binge drinking, perlakuan (P) dengan induksi alkohol metode binge drinking bersamaan bawang hitam 800g/kgBB. Gambaran histopatologi hippocampus diambil data jumlah sel piramidal pada CA2-3. Data dilakukan uji statistik dengan One-Way ANOVA dan Post Hoc LSD. Hasil: Berdasarkan hasil uji statistik One-Way ANOVA didapatkan nilai p=0,000 kemudian dilanjutkan uji Post Hoc LSD terdapat perbedaan signifikan K2 dengan K1 dan P. Kesimpulan: Terdapat pengaruh pemberian induksi alkohol metode binge drinking dengan neurodegenerasi hippocampus dan terdapat pengaruh pemberian ekstrak bawang hitam dengan dosis 800g/kgBB terhadap gambaran histopatologi hippocampus pada area CA2-3 tikus putih jantan (Rattus novergicus) yang diinduksi alkohol dengan model binge drinking.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2301931942 . Digilib
Date Deposited: 15 Feb 2023 03:57
Terakhir diubah: 15 Feb 2023 03:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69280

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir