AKTIVITAS ENZIM SELULASE Bacillus sp. YANG DITUMBUHKAN PADA MEDIUM YANG DITAMBAHKAN GARAM ALUMINIUM DENGAN PAPARAN MEDAN MAGNET 0,2 mT

Lailatul, Farihah (2023) AKTIVITAS ENZIM SELULASE Bacillus sp. YANG DITUMBUHKAN PADA MEDIUM YANG DITAMBAHKAN GARAM ALUMINIUM DENGAN PAPARAN MEDAN MAGNET 0,2 mT. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1791Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa Pembahasan.pdf

Download (1724Kb) | Preview

Abstrak

Aluminium sebagai kofaktor enzim adalah jenis logam terbaik. Pemaparan medan magnet 0,2mT pada garam aluminium dikatakan mampu meningkatkan aktivitas enzim selulase pada bakteri Bacillus sp. Penelitian ini bertujuan untuk mencari jenis garam aluminium terbaik untuk meningkatkan aktivitas enzim selulase. Aktivtas enzim dapat diuji dengan dua cara yaitu Uji Indeks Selulolitik dan Uji Aktivitas Enzim dengan spektrofotometer. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan tiga perlakuan yaitu kontrol, Penambahan garam aluminium tanpa pemaparan medan magnet, dan penambahan garam aluminium yang dipaparkan medan magnet. Jenis garam aluminium yang digunakan adalah AlCl3, AlPO4 dan Al2(SO4)3. Konsentrasi garam aluminium yang digunakan adalah 0,01% dan pemaparan medan magnet 0,2 dilakukan selama 10 menit. Hasil Penelitian ini membuktikan bahwa aluminium mampu menjadi kofaktor enzim yang efektif. Pemaparan medan magnet pada garam aluminium pun menunjukkan nilai aktivitas enzim semakin meningkat. Jenis garam aluminium logam terbaik adalah AlCl3 yang dipaparkan medan magnet 0,2mT selama 10 menit. Perlakuan ini mampu meningkatkan aktivitas enzim selulase sebesar 0,30 U/ml. Kemudian AlPO4 mampu meningkatkan aktivitas enzim sebesar 0,23 U/ml dan Al2(SO4)3 meningkatkan aktivitas sebesar 0,20 U/ml. Kata Kunci : Garam Aluminium, Medan Magnet, Indeks Selulolitik, Aktivitas Selulolitik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 2301030699 . Digilib
Date Deposited: 15 Feb 2023 06:50
Terakhir diubah: 15 Feb 2023 06:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69325

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir