ANALISIS INDEKS EROSIVITAS HUJAN MENGGUNAKAN METODE BOLS DAN LENVAIN (Studi Kasus: Sub-Sub DAS Khilau, Sub DAS Way Bulok, DAS Way Sekampung, Provinsi Lampung)

ALKA, DINDA SHAFA NABILA (2022) ANALISIS INDEKS EROSIVITAS HUJAN MENGGUNAKAN METODE BOLS DAN LENVAIN (Studi Kasus: Sub-Sub DAS Khilau, Sub DAS Way Bulok, DAS Way Sekampung, Provinsi Lampung). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (1340Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3819Kb)
[img]
Preview
File PDF
FILE SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (3821Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Iklim di Indonesia merupakan iklim tropis yang menyebabkan bervariasinya intensitas curah hujan di wilayah Indonesia. Dengan curah hujan yang tinggi, sehingga mengakibatkan Indonesia rentan terhadap erosi. Kemampuan dari curah hujan yang dapat menimbulkan erosi disebut erosivitas. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung indeks erosivitas curah hujan pada wilayah Sub-sub DAS Khilau dalam kurun waktu 10 tahun dengan menggunakan metode Bols dan metode Lenvain serta membandingkan hasil kedua metode tersebut. Tahapan penelitian yaitu meliputi uji konsistensi data, analisis curah hujan rata-rata, dan perhitungan indeks erosivitas hujan. Hasil perhitungan indeks erosivitas hujan menghasilkan nilai rata-rata indeks erosivitas hujan menggunakan metode Bols sebesar 1762,23 sedangkan nilai rata-rata indeks erosvitas hujan menggunakan metode Lenvain sebesar 1280,19. Dengan nilai koefisien determinasi R2 pada metode Bols didapat 0,9904 dan nilai R2 pada metode Lenvain didapat 0,9889. Hal tersebut menunjukan nilai rata-rata indeks erosivitas hujan dan nilai koefisien determinasi (R2) pada metode Bols menghasilkan nilai yang lebih besar, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemakaian persamaan Bols dipandang lebih aman digunakan untuk perencanaan penanggulangan potensi erosi yang diakibatkan oleh curah hujan pada wilayah sub-sub DAS Khilau. Kata kunci: Bols, Curah Hujan Erosivitas, Lenvain, Sub-sub DAS Khilau

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
700 Seni, seni rupa, kesenian > 720 Arsitektur
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil
Pengguna Deposit: 2301459474 . Digilib
Date Deposited: 15 Feb 2023 08:24
Terakhir diubah: 15 Feb 2023 08:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69344

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir