Muthia Aya, Syahmalya (2023) HUBUNGAN ADVERSITY INTELLIGENCE DENGAN INDEKS PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA TAHUN KEDUA DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1046Kb) |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (981Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Latar Belakang: Masalah adalah suatu ketidaksesuaian antara ekspetasi dan realita. Di dunia ini tidak ada manusia yang hidup tanpa masalah. Berbicara tentang manusia dan masalah, mahasiswa merupakan salah satu kelompok manusia yang rentan untuk dihadapkan dengan sebuah masalah. Mahasiswa adalah makhluk sosial pada rentang usia 18-25 tahun dan merupakan anggota sebuah Lembaga Pendidikan Tinggi yang dituntut memiliki kemandirian dan tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas akademik. Setiap orang memiliki respon dan kemampuan yang berbeda dalam menghadapi suatu permasalahan sekaligus mengubah kesulitan menjadi peluang yang disebut sebagai adversity intelligence. Metode: Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan pendekatan cross sectional menggunakan teknik simple random sampling, sebanyak 190 mahasiswa tahun kedua yang memenuhi kriteria inklusi dan tidak memenuhi kriteria eksklusi. Kemudian data dianalisis menggunakan uji chi square (α = 0,05). Hasil: Hasil penelitian didapatkan 61% responden memiliki tingkat adversity intelligence tinggi (climbers), 39% responden dengan tingkat adversity intelligence sedang (campers), 59% responden memiliki IPK pada kategori pujian, dan 41% memiliki IPK pada kategori sangat memuaskan. Hasil uji analisis Chi square menunjukan adanya hubungan antara adversity intelligence dengan indeks prestasi belajar dengan P-value = 0,003 (p < 0,05). Simpulan: Terdapat hubungan antara adversity intelligence dengan indeks prestasi belajar mahasiswa tahun kedua di Fakultas Kedokteran Universitas lampung. Kata Kunci: Indeks Prestasi Belajar; Kecerdasan Adversitas; Mahasiswa Kedokteran
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan |
Program Studi: | Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter |
Pengguna Deposit: | 2301746537 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Feb 2023 08:54 |
Terakhir diubah: | 15 Feb 2023 08:54 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69357 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |