PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MONITORING PROSES KEPERAWATAN DENGAN BANTUAN EXPERT SYSTEM UNTUK PEMBELAJARAN MAHASISWA KEPERAWATAN BERBASIS ANDROID

Abie, Perdana Kusuma (2023) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MONITORING PROSES KEPERAWATAN DENGAN BANTUAN EXPERT SYSTEM UNTUK PEMBELAJARAN MAHASISWA KEPERAWATAN BERBASIS ANDROID. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
DIGILIB_ABSTRAK.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full_Abie Perdana Kusuma_Tanpa Lampiran.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Full Tanpa Pembahasan_Abie Perdana Kusuma_Tanpa Lampiran.pdf

Download (2291Kb) | Preview

Abstrak

Perawat merupakan tenaga profesional yang memberikan pelayanan medis menggunakan proses ilmiah yang biasa disebut keperawatan. Dalam keperawatan, pemecahan masalah menggunakan proses keperawatan yang merupakan metode berfikir kritis, selama ini perawat diharuskan untuk menganalisis data-data yang ditemukan pada pasien untuk mendiagnosis keperawatan, menentukan rencana luaran dan intervensi dengan tepat. Mahasiswa merupakan calon perawat dengan keahliannya harus mampu menerapkan proses keperawatan dalam kinerja asuhan keperawatan sesuai dengan standar keperawatan yang ada, tentu dengan adanya pengawasan oleh ahli pengajar keperawatan agar dapat menghasilkan tenaga perawat yang lebih baik dalam upaya peningkatkan kualitas pelayanan medis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Android menggunakan framework Flutter dengan bantuan Expert System sebagai alat bantu diagnosa keperawatan, yang dapat membantu mahasiswa keperawatan dalam mempelajari proses keperawatan dan membantu dosen dalam pemantauan proses keperawatan yang dilakukan oleh mahasiswa calon perawat. Sistem pakar ini dibangun menggunakan metode Forward Chaining, dan pembangunan aplikasi menerapkan metode Waterfall. Hasil dari penelitian adalah aplikasi berbasis Android yang sudah diuji menggunakan metode Blackbox Testing dan penerimaan pengguna, hasilnya aplikasi yang diuji sudah sesuai dengan semua skenario uji yang dilakukan, dan aplikasi diterima baik dan dapat memberikan manfaat serta menyelesaikan permasalahan yang ada.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 003 Sistem-sistem
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Ilmu Komputer
Pengguna Deposit: 2301871266 . Digilib
Date Deposited: 17 Feb 2023 08:51
Terakhir diubah: 17 Feb 2023 08:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69408

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir