PREVALENSI DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN DERMATITIS KONTAK PADA PETANI DI DESA SRI PENDOWO WILAYAH KERJA PUSKESMAS KETAPANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

I Wayan Dika Aditia , Darma (2023) PREVALENSI DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN DERMATITIS KONTAK PADA PETANI DI DESA SRI PENDOWO WILAYAH KERJA PUSKESMAS KETAPANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (2925Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3850Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3850Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Persentase tenaga kerja informal sektor pertanian di Provinsi Lampung tahun 2020 sebesar 90.48%, yang artinya mayoritas penduduk bekerja sebagai petani. Berdasarkan survei pendahuluan penyakit dermatitis kontak masuk dalam 10 penyakit terbanyak di Kabupaten Lampung Selatan tahun 2020 dan 2021. Penelitian terkait prevalensi dan faktor-faktor yang berhubungan kejadian dermatitis kontak khususnya pada petani di Desa Sri Pendowo belum banyak dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalens dan faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian dermatitis kontak pada petani di Desa Sri Pendowo Wilayah Kerja Puskesmas Ketapang Kabupaten Lampung Selatan. Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study dengan 107 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diambil dari wawancara, pengisian kuesioner, dan anamnesis serta pemeriksaan fisik (efloresensi) oleh dokter. Data dianalisis menggunakan uji statistik univariat, bivariat, dan multivariat. α=0,05. Hasil: Sebanyak 15,9% petani di Desa Sri Pendowo terkena dermatitis kontak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian dermatitis kontak adalah usia (p=0,007), personal hygiene (p<0,001), penggunaan alat pelindung diri (p=0,004), dan lama terpapar (p=0,012). Sedangkan faktor jenis kelamin dan pendidikan tidak berhubungan dengan kejadian dermatitis kontak karena nilai p>0,05. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara usia, personal hygiene, penggunaan alat pelindung diri, dan lama terpapar dengan kejadian dermatitis kontak pada petani di Desa Sri Pendowo Wilayah Kerja Puskesmas Ketapang Kabupaten Lampung Selatan. Diharapkan petani bisa menjaga personal hygiene dan penggunaan APD. Kata kunci: Dermatitis kontak, prevalensi, faktor-faktor, petani.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2301533644 . Digilib
Date Deposited: 16 Feb 2023 08:56
Terakhir diubah: 16 Feb 2023 08:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69426

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir