IDENTIFIKASI SUB-CEKUNGAN DAN STRUKTUR PATAHAN BAWAH PERMUKAAN DENGAN ANALISIS DERIVATIVE DAN PEMODELAN 2D SERTA 3D MENGGUNAKAN DATA GAYABERAT WILAYAH JAWA BARAT UTARA

Pitry Dwiatika, Norcela (2023) IDENTIFIKASI SUB-CEKUNGAN DAN STRUKTUR PATAHAN BAWAH PERMUKAAN DENGAN ANALISIS DERIVATIVE DAN PEMODELAN 2D SERTA 3D MENGGUNAKAN DATA GAYABERAT WILAYAH JAWA BARAT UTARA. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK(ABSTRACT).pdf

Download (64Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2036Kb) | Preview

Abstrak

Metode gayaberat adalah metode geofisika yang didasarkan pada pengukuran variasi medan gayaberat di bumi. Variasi gaya berat di permukaan bumi ini dapat disebabkan oleh adanya variasi densitas batuan di bawah permukaan, jenis batuan di bawah permukaan, perbedaan jarak permukaan bumi ke pusat bumi serta adanya perbedaan topografi di permukaan bumi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sebaran sub cekungan sedimen serta struktur bawah permukaan dengan menggunakan metode gayaberat pada cekungan Jawa Barat Utara, serta menganalisis patahan dengan analisis First Horizontal Derivative (FHD) dan Second Vertical Derivative (SVD), serta dilakukan pemodelan 2D dan 3D. Dari hasil penelitian di identifikasi dugaan adanya sub cekungan sebanyak 5 sub cekungan pada daerah penelitian diantaranya sub cekungan Cihoe, sub cekungan Wanaraja, sub cekungan Jambalaer, sub cekungan cikalong, sub cekungan cisempur. Serta didapatkan adanya patahan naik dan turun yang menjadi batas sub cekungan yang memiliki beberapa formasi yaitu Formasi Kaliwangu (Tpk) dengan litologi batuan lempung, Formasi Subang (Tms) dengan litologi batuan pasir, Formasi Cilanang (Tmjl) dengan litologi batuan gamping, dan Formasi jatiluhur (Tmdl) dengan litologi batuan gamping tufaan. Kata kunci : Gayaberat, Derivative, Patahan, Sub cekungan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 550 Ilmu bumi dan geologi
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Geofisika
Pengguna Deposit: 2301034425 . Digilib
Date Deposited: 16 Feb 2023 09:01
Terakhir diubah: 16 Feb 2023 09:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69427

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir