CAHYA , SUCI RAMADHANI (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-LKPD interaktif untuk meningkatkan keterampilan inferensi dan komunikasi peserta didik pada materi kesetimbangan kimia dengan menerapkan pendekatan saintifik, mendeskripsikan karakteristik, validitas, tanggapan guru, dan tanggapan peserta didik terhadap e-LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall. Responden pada tahap penelitian dan pengumpulan informasi adalah 5 guru kimia dan 30 peserta didik kelas XI MIA dari SMA Negeri 1 Kabupaten Tangerang, MAN 2 Tangerang, dan SMA Negeri 16 Kabupaten Tangerang. Responden pada tahap uji coba lapangan awal adalah 3 guru kimia dan 20 peserta didik kelas XI MIA MAN 2 Tangerang dengan pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Teknik analisis data dilakukan dengan cara menghitung skor rata-rata persentase tanggapan validator, guru, dan peserta didik terhadap produk. Berdasarkan hasil validasi ahli diperoleh rata-rata persentase aspek kesesuaian isi sebesar 76,36% dan aspek konstruksi sebesar 78% keduanya berkriteria tinggi; serta aspek keterbacaan sebesar 86,15% berkriteria sangat tinggi. Hasil uji coba lapangan awal didapatkan skor rata-rata persentase tanggapan guru aspek kesesuaian isi sebesar 95,97%, dan aspek keterbacaan sebesar 93,84%. Skor ratarata persentase tanggapan peserta didik aspek keterbacaan sebesar 89,23%, dan aspek kemenarikan sebesar 88,25% semua memperoleh kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hal tersebut, maka e-LKPD interaktif berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan inferensi dan komunikasi peserta didik pada materi kesetimbangan kimia dapat dinyatakan valid dan layak digunakan. Kata kunci: e-LKPD, kesetimbangan kimia, keterampilan inferensi dan komunikasi, pendekatan saintifik
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2301356145 . Digilib |
Date Deposited: | 17 Feb 2023 02:58 |
Terakhir diubah: | 17 Feb 2023 02:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69480 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |