PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

CAHYA , SUCI RAMADHANI (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-LKPD interaktif untuk meningkatkan keterampilan inferensi dan komunikasi peserta didik pada materi kesetimbangan kimia dengan menerapkan pendekatan saintifik, mendeskripsikan karakteristik, validitas, tanggapan guru, dan tanggapan peserta didik terhadap e-LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall. Responden pada tahap penelitian dan pengumpulan informasi adalah 5 guru kimia dan 30 peserta didik kelas XI MIA dari SMA Negeri 1 Kabupaten Tangerang, MAN 2 Tangerang, dan SMA Negeri 16 Kabupaten Tangerang. Responden pada tahap uji coba lapangan awal adalah 3 guru kimia dan 20 peserta didik kelas XI MIA MAN 2 Tangerang dengan pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Teknik analisis data dilakukan dengan cara menghitung skor rata-rata persentase tanggapan validator, guru, dan peserta didik terhadap produk. Berdasarkan hasil validasi ahli diperoleh rata-rata persentase aspek kesesuaian isi sebesar 76,36% dan aspek konstruksi sebesar 78% keduanya berkriteria tinggi; serta aspek keterbacaan sebesar 86,15% berkriteria sangat tinggi. Hasil uji coba lapangan awal didapatkan skor rata-rata persentase tanggapan guru aspek kesesuaian isi sebesar 95,97%, dan aspek keterbacaan sebesar 93,84%. Skor ratarata persentase tanggapan peserta didik aspek keterbacaan sebesar 89,23%, dan aspek kemenarikan sebesar 88,25% semua memperoleh kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hal tersebut, maka e-LKPD interaktif berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan inferensi dan komunikasi peserta didik pada materi kesetimbangan kimia dapat dinyatakan valid dan layak digunakan. Kata kunci: e-LKPD, kesetimbangan kimia, keterampilan inferensi dan komunikasi, pendekatan saintifik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2301356145 . Digilib
Date Deposited: 17 Feb 2023 02:58
Terakhir diubah: 17 Feb 2023 02:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69480

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir