ANALISIS HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN JUMLAH ANAK TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN SAMPAH OBAT SKALA RUMAH TANGGA DI KECAMATAN KEDATON BANDAR LAMPUNG

Indika , Poloriani Tunang (2023) ANALISIS HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN JUMLAH ANAK TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN SAMPAH OBAT SKALA RUMAH TANGGA DI KECAMATAN KEDATON BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2828Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1398Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Obat-obatan telah menjadi bagian dalam kebutuhan rumah tangga namun penyimpanan yang terlalu lama dapat mengakibatkan peningkatan jumlah sampah obat. Sampah obat perlu mendapat perlakuan khusus berupa perilaku pengelolaan yang baik. Ibu rumah tangga memegang peranan penting dalam pengelolaan sampah obat rumah tangga. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara faktor individu (usia, pendidikan, pekerjaan, pendapatan) dan jumlah anak terhadap perilaku pengelolaan sampah obat pada ibu rumah tangga di Kecamatan Kedaton. Metode: Analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional menggunakan teknik purposive sampling. Sebanyak 108 ibu rumah tangga di Kecamatan Kedaton menjadi sampel penelitian. Data yang dikumpulkan dari kuesioner dianalisis menggunakan uji chi-square. Hasil: Hasil penelitian didapatkan sebanyak 43 orang (39,8%) berperilaku negatif dan 65 orang (60,2%) berperilaku positif. Hasil uji bivariat antar variabel yaitu usia (p=0,000), pendidikan (p=0,000), pekerjaan (p=0,002), pendapatan (p=0,000), dan jumlah anak (p=0,124). Kesimpulan: Pengelolaan sampah obat oleh ibu rumah tangga di Kecamatan Kedaton mayoritas berperilaku positif yaitu sebesar 60,2%. Terdapat hubungan antara usia, pendidikan, pekerjaan, dan pendapatan, namun tidak terdapat hubungan antara jumlah anak terhadap perilaku pengelolaan sampah obat. Kata kunci: Faktor Individu, Jumlah Anak, Perilaku Pengelolaan, Rumah Tangga, Sampah Obat.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2301500733 . Digilib
Date Deposited: 17 Feb 2023 03:52
Terakhir diubah: 17 Feb 2023 03:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69504

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir