HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK (PSN) PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN RAJABASA KOTA BANDAR LAMPUNG

AVISA , JINAN AZURA (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK (PSN) PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN RAJABASA KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2076Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2046Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Demam Berdarah Dengue (DBD) masih menjadi permasalahan kesehatan masyarakat. Jumlah kasus kejadian DBD di Indonesia, Provinsi Lampung, dan Kota Bandar Lampung cenderung berfluktuakif. Kecamatan Rajabasa saat ini memiliki jumlah kasus DBD tertinggi di Bandar Lampung. Upaya yang dapat dilakukan dalam mencegah peningkatan kasus DBD yaitu melalui Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) yang melibatkan peran aktif masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap dengan perilaku PSN pada masyarakat. Metode: Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Rajabasa. Sampel penelitian dipilih dengan teknik proportional random sampling dan berjumlah 105 kepala keluarga yang bertempat tinggal di Kecamatan Rajabasa. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji Fisher Exact dikarenakan syarat Chi square tidak terpenuhi. Hasil: Hasil uji didapatkan nilai probabilitas untuk hubungan pengetahuan dengan perilaku PSN sebesar 0,002 (p<0,05), sedangkan untuk hubungan sikap dengan perilaku PSN sebesar 0,01 (p<0.05). Kesimpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan dan sikap dengan perilaku PSN pada masyarakat. Kata Kunci: Pengetahuan, sikap, perilaku, Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), Demam Berdarah Dengue (DBD)

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2301763203 . Digilib
Date Deposited: 17 Feb 2023 04:22
Terakhir diubah: 17 Feb 2023 04:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69514

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir