Hana, Mufidah (2023) HUBUNGAN ANTARA GEOGRAFI EMOSI DENGAN PENYESUAIAN DIRI DALAM BELAJAR MAHASISWA DI JURUSAN ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG TAHUN AKADEMIK 2021/2022. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
File PDF
Skripsi Full Hana Mufidah_1813052001_BK Unila.pdf Restricted to Hanya staf Download (1529Kb) |
||
|
File PDF
Skripsi Tanpa Pembahasan.pdf Download (1433Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rasa cemas dan khawatir dalam menyesuaian diri dalam belajar pada sistem pembelajaran baru tahun akademik 2021/2022. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara geografi emosi dengan penyesuaian diri dalam belajar mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 1.938 mahasiswa dan sampel yang digunakan sebanyak 196 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala geografi emosi dan skala penyesuaian diri dalam belajar. Teknik analisis data menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara geografi emosi dengan penyesuaian diri dalam belajar dengan nilai korelasi r= 0,638>0,138. rhitung > rtabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima; yang berarti kedua variabel berkorelasi. Kesimpulan pada penelitian ini, ada hubungan yang kuat antara geografi emosi dengan penyesuaian diri dalam belajar pada mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Tahun Akademik 2021/2022. Hal ini membuktikan bahwa geografi emosi menjadi salah satu faktor yang menyebabkan mahasiswa dapat menyesuaikan diri dalam belajar di kampus. Kata kunci: geografi emosi, emosi, penyesuaian diri dalam belajar. The problem in this study is anxiety and worry about adjusting to learning in the new learning system for the 2021/2022 academic year. The purpose of this study was to determine the relationship between emotional geography and self-adjustment in student learning in the Department of Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung. This research method uses correlational quantitative methods. The population of this study was 1,938 students and the sample used was 196 students. The data collection technique uses a geographic emotional scale and a scale of self-adjustment in learning. Data analysis techniques using correlationPearson Product Moments. The results of this study indicate that there is a relationship between emotional geography and self-adjustment in learning with a correlation value of r = 0.638> 0.138. rcount> rtable, so H0 rejected and HA accepted; which means the two variables are correlated. The conclusion in this study is that there is a strong relationship between emotional geography and adjustment in learning for students of the Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung, for the 2021/2022 Academic Year. This proves that emotional geography is one of the factors that causes students to adjust to studying on campus. Keywords: geography of emotions, emotions, adaptation in learning.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | 2301693783 . Digilib |
Date Deposited: | 17 Feb 2023 08:06 |
Terakhir diubah: | 17 Feb 2023 08:06 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69536 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |